Sukses Bisnis Online Facebook Marketing


Pendahuluan
Dalam akhir-akhir ini, kata facebook sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mungkin
kita sering mendengar dengan istilah facebookan, status, update, koment, dan
sebagainya. Facebook memang fenomena, kedatangannya mengubah gaya hidup
dunia, terutama di dunia internet atau dunia maya.
Facebook menjadi situs yang paling populer, bukan hanya di Indonesia tetapi di
seluruh dunia. Kini, banyak orang yang memiliki akun facebook dan dengan
mudah berinteraksi dengan orang lain. Bertemu teman lama, pacar lama ,
teman sekampus, teman satu minat, dan sebagainya.
Tentu saja sebagai alat, facebook memiliki manfaat dan juga bahaya. Namun,
karena facebook sebagai alat, manfaat atau bahaya tergantung kita yang
menggunakannya. Banyak orang yang sudah merasakan manfaat dari facebook.
Mulai bertemunya orang hilang, menjalin kembali silaturahmi, membangun
jaringan, berbagai info, dan sebagai media pemasaran. Jadi, facebook bukan
hanya untuk ketemu mantan pacar saja .
Tentu saja, salah satu manfaat lain dari facebook ialah untuk mencari uang atau
untuk bisnis. Berbeda dengan situs social network lainnya, facebook memang
memberikan fasilitas yang memadai untuk menjalankan bisnis. Facebook
memberikan fasilitas yang berupa “halaman” atau “fan page” dimana bisa
digunakan untuk aktivitas pemasaran produk, jasa, maupun organisasi atau
individu.
Tentu saja, manfaat facebook sebagai media pemasaran sudah mulai banyak
disadari oleh para pebisnis. Namun masih banyak yang melakukannya dengan
cara yang salah dan kurang efektif. Banyak orang yang mencoba membuat
halaman dan group, namun sudah sekian lama membernya tetap saja sedikit.
Atau banyak juga yang melakukan promosi di facebook dengan cara SPAM yang
tentu saja akan merusak citra bisnis Anda sendiri. Jadi jangan sembarang tiru cara
orang lain, bisa-bisa Anda terjebak ke dalam cara yang salah.



Facebook Adalah Social Network
Facebook sebagai salah satu social network memiliki fungsi sebagai situs sosial.
Tempat bertemu dan berbagai (sharing). Pada dasarnya, orang membuka
facebook untuk mendapatkan informasi dari orang lain sekaligus juga berbagi
kepada orang lain. Facebook adalah situs pertemanan. Saat orang mau berteman
dengan Anda artinya mereka sudah menjadi teman Anda, baik sebelumnya sudah
menjadi teman maupun baru bertemu di facebook. Anda harus menghargai
pertemanan.
Sebagai wujud penghargaan atas pertemanan Anda, maka Anda perlu
memperhatikan etika-etika dalam berteman. Jangan sampai kehadiran Anda
menganggu teman Anda. Misalnya, mungkin Anda sering melihat banyak orang
yang melakukan promosi di wall Anda, pada komentar status Anda, mentag
dengan gambar produk, dan sebagainya. Sebagian orang akan merasa terganggu
oleh aktivitas ini.
Lalu, bagaimana etika dalam pemasaran di facebook? Sederhana: gunakan
fasilitas yang ada sesuai dengan fungsinya. Profil untuk berteman, group untuk
berkumpul, dan halaman bisa digunakan untuk bisnis. Bolehkan promosi di profil?
Boleh-boleh saja jika bersifat sharing(berbagi) bukan selling(menjual). Menjual,
sekali-kali boleh saja, asal jangan sampai teman-teman Anda merasa terganggu
oleh aktivitas Anda.



Apa Yang Bisa Dipasarkan Di Facebook?
Kadang ada yang bertanya, “Apa Yang Bisa Dipasarkan Di Facebook?”.
Jawabannya, apa saja yang bisa dijual, termasuk diri Anda (marketing yourself) .
Facebook hanya alat menghubungkan Anda dengan orang lain. Apa pun bis dijual,
baik menjual produk, jasa, maupun menjual diri. Yang dimaksud menjual diri
(supaya tidak berpikiran yang nggak-nggak) adalah membranding diri Anda
menjadi seorang expert. Jika Anda sudah dianggap expert, nanti banyak orang
yang menyewa jasa Anda.
Apa saja yang bisa dijual melalui facebook?
·Produk fisik: berupa buku, pakaian, aksesoris, parfum, makanan, dan
sebagainya. Pada dasarnya semua produk bisa dijual dengan catatan mudah
dikirim dalam jarak jauh.
·Produk digital: seperti ebook, video, software, data, kursus online, sekolah
online, audio, dan sebagainya.
·Jasa: jasa desain web, desain rumah, jasa antar, dan sebagainya.
Jumlah tidak terbatas, Anda bisa menjual produk apa pun melalui facebook.
Tapi facebook tidak selamanya menjual atau selling. Menjual adalah hanya bagian
dari pemasaran. Banyak pebisnis yang menjadi facebook sebagai alat branding
awareness. Mereka tidak menjual produk atau jasa secara tidak langsung melalui
facebook. Dengan naiknya kesadaran akan brand atau merk produk kita,
sementara distribusi produk kita sudah bagus, maka penjualan akan meningkat.
Saya pernah menonton kisah sukses penjual bakso yang membangun brand
melalui facebook. Dia tidak mungkin melayani pesanan bakso langsung via
facebook. Tetapi setelah dia membangun brand di facebook, orang semakin
mengenal kedai baksonya dan pengunjung pun semakin banyak. Dangangannya
laris dengan cara membangun brand di facebook.
Tidak punya produk atau jasa?
Gampang… sekarang banyak orang yang punya produk tetapi tidak bisa
memasarkan. Kalau pun bisa, mereka tetap akan senang jika produknya lebih laku



lagi. Jika Anda memiliki kemampuan pemasaran, Anda tidak perlu khawatir
dengan produk atau jasa yang akan dijual. Sangat banyak sekali, tinggal
bagaimana Anda bisa bekerja sama dengan pemilik produk.
Untuk produk digital ada sistem afiliasi dan reseller. Afiliasi artinya Anda bisa
menjual produk orang lain dengan komisi tertentu. Sedangkan reseller Anda bisa
membeli produk dengan lisensinya dan Anda jual kembali. Lisensi yang dimaksud
tentu harus lisensi penjualan kembali atau apa yang disebut Resell Right, bukan
hanya lisensi hak pakai.
Bagaimana dengan produk fisik? Sama saja. Afiliasi juga bisa. Misalnya dengan
menjualkan produk amazon, Anda bisa menjual produk fisik dengan komisi
tertentu. Atau Anda bisa membeli dalam jumlah banyak sehingga mendapat
diskon besar dan menjual secara eceran. Ada juga sistem drop shipping, artinya
pemilik produk yang menyiapkan dan mengirimkan produk dan Anda hanya
memasarkannya saja.
Anda bisa mencari para pemilik produk dan jasa, kemudian ajak negosiasi agar
produknya bisa Anda jualkan dengan keuntungan tertentu. Coba lihat jasa-jasa
yang sedang sepi. Tawarkan kepada mereka bahwa Anda bisa memberikan client.
Cari toko yang sepi, tawarkan kepada mereka untuk menjual secara online.
Atau silahkan gunakan google. Coba cari sebuah produk tertentu. Kemudian buka
halaman 10 hasil pencarian. Biasanya halaman ini jarang dibuka orang, yang
artinya website yang terdaftar disana sepi pengunjung. Tawarkan kerja sama.
Katakan bahwa Anda punya kemampuan memasarkan di facebook.
Pertanyaanya, bagaimana agar orang lain mau bekerja sama dengan Anda?
Jangan khawatir. Jika Anda sudah menguasai pemasaran, Anda akan mudah
mendapatkan mitra kerja sama. Bahkan, seperti yang saya alami selama ini,
karena sudah memililiki halaman facebook dan group yang banyak, tawaran kerja
sama malah berdatangan kepada saya tanpa dicari.
Jadi, kuncinya kuasai pasar, produk dan jasa akan berdatangan dan uang akan
masuk ke rekening Anda.



Miliki Teman Yang Banyak
Langkah pertama untuk mendominasi facebook ialah dengan memiliki teman
yang banyak. Tetapi perlu diperhatikan, bukan berarti Anda akan berjualan ke
teman-teman Anda. Sebaiknya jangan terlalu sering menawarkan kepada teman
karena
·Bisa dianggap SPAM
·Akan ditinggalkan oleh teman-teman
·Nggak enaklah jualan sama teman, meski pun boleh-boleh saja.
Ada cara yang baik menjual kepada teman. Nanti kita akan bahas.
Lalu apa manfaat banyak teman?
Memiliki banyak teman tentu saja akan sangat bermanfaat untuk pemasaran kita.
Berikut beberapa manfaat bahkan fungsi vital teman-teman facebook Anda.
·Jaringan. Teman Anda lebih kepada posisi jaringan daripada pasar. Anda
bisa bekerja sama, saling membantu, saling berbagi, dan sebagainya
dengan teman-teman Anda di facebook.
·Mendapatkan referensi. Dalam dunia pemasaran atau sales, referensi
adalah orang yang diajak atau diarahkan oleh seseorang kepada kita. Kabar
baiknya ialah dalam facebook hal ini bisa terjadi tanpa disadari dan tanpa
diminta. Inilah yang menjadikan facebook memiliki efek viral. Misalnya jika
Anda sharing sesuatu yang menarik, teman Anda bisa menyukainya dan
berkomentar. Secara tidak langsung mereka memberitahu di profilnya
bahwa mereka menyukai apa yang kita punya.
·Pasar. Meski pun bukan pasar utama dan jangan dijadikan yang utama,
teman-teman Anda tetap bisa dijadikan pasar atau setidaknya potensi
pasar. Hanya saja untuk menjaga pertemanan ada cara-cara tertentu agar
proses menjual Anda terjadi dengan cara baik. Cara menjual kepada teman
bisa dilakukan dengan cara-cara:
oSoft selling, bukan hard selling. Artinya menjual secara halus.
oBercerita yang menarik minat mereka
oHard selling boleh, sesekali saja.



Oleh karena itu langkah pertama untuk sukses di facebook ialah dengan
memperbanyak teman. Berikut beberapa tip agar mudah mendapatkan teman.
1.Rajin meng-add, tetapi jangan terlalu banyak karena ada batasan dari
facebook. Anda bisa kena suspend.
2.Rajin berkomentar komentar orang lain yang temannya banyak.
3.Kunjungi group-group jaringan Anda, seperti jaringan sekolah mulai SD, SMP,
SMA, sampai perhuruan tinggi. Aktiflah!
4.Kunjungi group-group asosiasi profesional, alumni seminar, alumni kursus, dan
sebagainya.
5.Postinglah yang bermanfaat dan menghibur. Jangan memposting sesuatu yang
bisa mengganggu orang lain.



Ada cara yang lebih cepat? Tentu saja ada, silahkan hadiri workshop kami. Akan
kami tunjukan bagaimana memiliki 5.000 teman dalam waktu cepat tanpa harus
kena suspend. Untuk info tentang workshop silahkan lihat di member area Raja
Facebook. Jika belum, Anda bisa mendaftar di



Membangun dan Memanfaatkan Group
Dalam facebook ada fasilitas yang disebut dengan group. Banyak pebisnis yang
mencoba menjual produk atau jasanya dengan membuat group. Bisa dan boleh-
boleh saja, meski bukan hanya itu manfaatnya.
Group sebenarnya lebih kepada komunitas orang-orang tertentu yang memiliki
minat yang sama. Oleh karena itu manfaat group facebook:
1.Mengumpulkan orang-orang yang tertarik dengan teman tertentu atau
memiliki kesamaan. Bisa kesamaan profesi, hobi, masalah, dan sebagainya.
Tentu saja ini bisa menjadi pasar yang tertarget.
2.Jaringan untuk berbagi info dan kerja sama dengan Anda.
3.Alat viral marketing. Saat sebuah group menarik dan bermanfaat, group
tersebut akan berkembang dengan sendirinya.
4.Group juga bisa digunakan sebagai group master mind beserta mitra bisnis
Anda. Anda bisa membuat sebuah group rahasia yang hanya bisa diakses oleh
member saja. Hal ini sangat bermanfaat untuk mendiskusikan sesuatu yang
bersifat rahasia.
5.Group juga bisa digunakan sebagai alat riset pasar. Anda bisa meneliti diskusi
dan posting member sehingga Anda mengetahui masalah apa yang sedang
berkembang dan menjadi peluang bagi Anda.
6.Group bisa digunakan untuk mendapatkan kontak bisnis Anda. Apakah Anda
perlu desainer, perlu suplier, perlu distributor, dan sebagainya.



Jika Anda mengharapkan manfaat no 2 sampai 6, Anda bisa memanfaatkan group
yang sudah ada dan Anda tinggal aktif di dalamnya. Ingat Anda perlu
berkomunikasi dengan baik, jangan menjadi pengganggu, dan menjadi warga
yang baik. Jika tidak, Anda bisa ditendang dan tidak mendapatkan apa yang Anda
inginkan. Bertanyalah dengan baik, berikan bantuan, dan jawablah pertanyaan
orang lain dengan baik.
Untuk manfaat nomor satu, yaitu sebagai pasar tertarget, maka seharusnya Anda
membangun group sendiri.



Membangun Halaman
Apa itu halaman? Masih banyak pebisnis yang belum sadar dengan kekuatan
halaman. Awalnya saya hanya membangun group, namun setelah berdiskusi
dengan teman, bahwa halaman memiliki kelebihan tertentu untuk bisnis. Dan
memang disediakan oleh facebook untuk tujuan bisnis.
Salah satu kelebihan halaman ialah terindex oleh search engine. Sehingga dengan
membuat halaman, kita pun sekaligus melakukan promosi di search engine.
Memiliki halaman dengam Google PR 5 jauh lebih mudah dibandingkan dengan
blog atau website. Jadi bagi Anda yang bingung dengan SEO, Anda masuk melalui
halaman facebook.
Kelebihan lain halaman dibandingkan dengan group ialah bisa memasukan FBML
(Facebook Markup Language), yaitu bagaimana Anda memasukan kode HTML ke
facebook. Dengan FBML Anda bisa memasukan opt-in, sales letter, dan
sebagainya.
Halaman facebook bisa memiliki member tidak terbatas. Bisa sampai puluhan juta
member. Bayangkan saat Anda memiliki halaman dengan jumlah member sebesar
itu. Itu adalah pasar yang lebih besar dari sebuah kota, bahkan negara.
Sebagai contoh adalah Starbuck memiliki member 15.000.000 lebih.

Jumlah ini lebih banyak dibandingkan penduduk provinsi DKI dan 5 kali lipat
dibandingkan negara Singapura.
Kelebihan ketiga dari halaman facebook ialah bisa diintegrasikan dengan aplikasi.
Sementara banyak aplikasi yang mendukung untuk pemasaran atau memudahkan
pekerjaan. Sebagai contoh adalah Anda bisa mengintegrasikan halaman facebook
dengan twitter.



OK, sekarang kita akan bahas tentang manfaat halaman facebook. Mengapa kita
harus membuat halaman facebook, tidak cukup dengan profil saja.



Manfaat #1: Visibilitas lebih besar untuk bisnis Anda. Tidak ada cara lain selain
menggunakan halaman untuk mendapatkan visibilitas lebih banyak dan
terhubung dengan klien potensial. Kemungkinannya tidak terbatas, Anda bisa
terhubung sampai ke puluhan juta member bahkan sampai ratusan juta sesuai
dengan perkembangan.
Lebih visibilitas berarti apa yang Anda posting akan dilihat oleh lebih banyak
orang. Ini berarti bahwa Anda bisa mempromosikan ke lebih banyak orang.
Visibilitas juga akan membangun brand atau merk bisnis Anda sehingga dikenal
oleh orang lain. Kesadaran akan merk bertambah.
Manfaat #2: Terhubung dengan orang dalam target pasar Anda lebih banyak.
Anda tidak dapat memiliki lebih dari 5.000 teman di Facebook, namun Anda dapat
memiliki jumlah yang tidak terbatas orang bergabung dengan halaman Anda,
menghubungkan dengan Anda dan belajar lebih banyak tentang bisnis Anda.
Manfaat #3: Membangun Mailing List Anda. Undang penggemar halaman Anda
untuk bergabung dengan mailing list Anda! Berikan informasi tentang cara
mendownload hadiah gratis Anda dan bergabung mailing list Anda pada halaman
Anda. Dengan cara ini, ketika seseorang bergabung halaman fan Anda, mereka
juga dapat mengetahui lebih lanjut tentang newsletter atau mailing list Anda dan
bergabung.
Manfaat #4: Mendatangkan pengunjung ke web atau blog Anda. Anda bisa
memanfaatkan halaman facebook untuk mendatangkan pengunjung ke blog dan
halaman penjualan Anda.
Sebagai contoh, Anda dapat memperbarui halaman (kirim link) posting blog
terbaru. Sehingga, anggota halaman Anda dapat mengunjungi blog Anda dan
membaca posting blog Anda.
Manfaat #5: Lebih banyak Klien. Lebih banyak penggemar tentu saja
memperbesar peluang mendapatkan klien lebih banyak.



Kini saatnya Anda pun memiliki halaman facebook.



Tujuh Rahasia Sukses Facebook Marketing
Rahasia #1: Fokus
Ada ratusan situs jejaring sosial yang saat ini beroperasi di internet. Ada facebook,
twitter, plurk, koprol, google buzz, dan sebagainya. Masing-masing memiliki
keunikan dan kelebihan masing-masing.
Dari banyaknya situs jejaring sosial, bisa menggoda Anda untuk menghabiskan
waktu menggunakan terlalu banyak jejaring sosial dalam upaya pemasaran Anda.
Sepertinya akan membuka peluang yang banyak, namun pada kenyataanya hal ini
bisa menjadikan proses pemasaran kita terganggu.
Mengapa bisa merusak? Sebab banyak orang yang mulai “kecanduan” dalam
menggunakan jejaring sosial sehingga dia banyak menghabiskan waktu hanya
untuk mengurus jejaring sosial. Padahal bisnis bukan hanya pemasaran, ada
banyak hal lain yang bisa dilakukan selain hanya mengurusi jejaring sosial saja.
Yang kedua, saat kita tidak fokus, maka kita tidak bisa menyajikan sesuatu yang
berkualitas. Kekuatan kita terbagi.
Oleh karena itu, Anda harus tetap fokus pada aspek pemasaran dalam
keterlibatan sosial Anda. Anda juga harus membatasi aktivitas jaringan sosial
Anda. Pilih 1-2 saja dari situs jejaring sosial diatas untuk mencegah turunnya
kualitas pemasaran Anda.
Saya sendiri tidak banyak mengikuti jejaring sosial. Fokus saya di facebook.
Meskipun saya mengikuti jejaring social yang lain, namun perhatian saya
utamakan ke facebook dan memberikan yang terbaik di facebook. Percuma
memiliki akun banyak social network tetapi tidak bisa memberikan yang terbaik.
Selain fokus pada jejaring sosial tertentu saja (beberapa boleh), aktivitas kita juga
harus fokus pada aktivitas marketing. Jangan sampai terjebak oleh aktivitas yang
tidak bermanfaat seperti berdebat, main game, dan hanya berchatting ria tanpa
membawa manfaat.



Rahasia #2: Kualitas
Rahasia kedua ialah kualitas dibandingkan kuantitas. Apa saja yang harus
diperhatikan masalah kualitasnya?
Pertama kiriman yang Anda kirim baik di profil, halaman, maupun group. Jika
Anda mengirimkan sesuatu yang berkualitas maka akan memberikan efek viral.
Facebook adalah tempat yang bagus untuk saling berbagi. Jika seseorang
menemukan sesuatu yang berkualitas mereka akan berbagi, sengaja atau tidak.
Saat seseorang memberikan komentar atau setidaknya menyukai kiriman kita, dia
sebenarnya sudah berbagi kepada teman-temannya. Teman-temannya akan tahu
kalau dia menyukai kiriman kita, kemudian penasaran untuk melihat. Dan terus
seperti itu sehingga akan terjadi efek viral.
Facebook juga memiliki fitur berbagi atau share, ini adalah cara berbagi dengan
sengaja. Biasanya berupa tautan atau catatan memiliki fitur untuk berbagi.
Misalnya Anda menulis catatan (note) di halaman Anda. Jika mereka suka, mereka
akan membagikannya sehingga akan muncul di profil dia. Jika halaman Anda
memiliki 1.000 penggemar, kemudian semuanya berbagi dan rata-rata mereka
memiliki 1.000 teman, maka catatan Anda berpotensi muncul di 1.000.000
pengguna facebook.



Rahasia #3: Tertarget
Jika sebelumnya kita sudah membahas fokus pada beberapa jejaring sosial saja
dan begitu juga dengan aktivitas kita. Selain itu kita pun perlu fokus pada target
pasar tertentu. Karena membuat halaman dan group itu gratis, Anda bisa
membuat masing-masing untuk satu target. Target berbeda akan memerlukan
perlakuan yang berbeda pula.
Apa yang Anda kirimkan dan cara mengirimkannya akan berbeda untuk setiap
target. Target remaja tentu akan berbeda dengan target dewasa. Target pebisnis
akan berbeda dengan target pekerja. Begitu juga target laki-laki akan berbeda
dengan target perempuan.



Rahasia#4: Jadilah Bagian Dari Komunitas
Selain mengurus komunitas yang dibuat sendiri, ada baiknya ada mengikuti
berbagai komunitas yang ada diaktiflah disana. Selain untuk mendapatkan teman,
aktif di komunitas juga bisa berguna untuk mendapatkan kontak bisnis.
Cara terbaik aktif di komunitas ialah dengan berkontribusi. Anda bisa
mengirimkan sesuatu yang berguna atau menjawab berbagai pertanyaan yang
muncul. Dengan cara itu Anda akan menjadi orang yang dipercaya, mudah akrab,
dan dianggap ahli. Ini akan sangat berguna untuk bisnis Anda. Suatu saat Anda
memerlukan sesuatu akan lebih mudah.
Jangan sekali-kali melakukan SPAM. Saya melihat banyak pebisnis pemula yang
melakukan SPAM dengan cara bergabung dengan komunitas besar kemudian dia
mengirimkan link promosi. Jangan lakukan seperti itu, sebab kredibilitas Anda
akan turun dimata orang.
Luangkan waktu setiap hari untuk aktif di berbagai komunitas. Anda bisa
bertanya, menjawab, atau mengirimkan sesuatu. Memang diperlukan konsistensi
dan kesabaran. Namun hasilnya akan membayar. Hasil yang akan dapat akan jauh
lebih besar dibandingkan Anda melakukan SPAM. Mungkin Anda akan
mendapatkan 1 atau 2 penjualan tetapi setelah itu Anda bisa diblok atau dibenci
orang. Namun jika Anda bersikap seperti warga yang baik, Anda akan
mendapatkan peluang yang lebih baik.
Tujuan aktif di komunitas ialah untuk mendapatkan respek dan kepercayaan dari
orang lain di komunitas tersebut. Hal ini bisa Anda dapatkan jika Anda
memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi komunitas secara konsisten dan
terus menerus.



Rahasia #5: Kreatif
Anda akan dituntut untuk terus aktif, baik pada group maupun halaman Anda
sendiri maupun aktif di komunitas. Suatu saat Anda bisa kehilangan ide “mau
melakukan apa”. Untuk itulah dituntut kreativitas tinggi agar Anda tetap eksis.
Agar halaman dan group Anda tetap segar memberikan manfaat bagi audiens
Anda.
Langkah awal sikap kreatif dimulai dengan bahan baku. Bahan baku itu ialah
informasi. Jadi jangan malas untuk terus mengupdate informasi agar Anda tidak
kehabisan ide. Teruslah membaca buku, membaca ebook, artikel, dan sebagainya
sehingga Anda tidak kehabisan ide.
Saat Anda memiliki sebuah halaman, agar halaman Anda terus aktif dan
berkembang, Anda harus rajin mengirimkan status, catatan, maupun link yang
bermanfaat. Dengan cara itu halaman Anda akan terus berkembang secara viral.
Ikuti juga halaman-halaman orang lain. Anda akan banyak menemukan ide untuk
halaman Anda. Bukan berarti menjiplak, tetapi inspirasi yang bisa Anda lakukan
untuk halaman Anda.
Semakin kreatif Anda, akan semakin cepat pertumbuhan halaman Anda.



Rahasia #6: Berpikir Seperti Pembaca
Saat Anda akan mengirimkan sesuatu di halaman atau di group, pikirakan apa
yang akan dipikirkan oleh pembaca. Kira-kira bagaimana reaksi mereka. Mungkin
bakal ada yang marah, tersinggung, mendukung, memunculkan perdebatan, dan
sebagainya. Kemungkinan itu harus diantisipasi sejak awal supaya Anda siap.
Atau jika sekiranya akan membawa akibat yang buruk, sebaiknya batalkan saja.
Dari pengalaman, Anda akan mengetahui kiriman-kiriman seperti apa yang disukai
atau tidak. Kiriman seperti apa yang memungkinkan memunculkan salah
pengertian, termasuk kiriman seperti apa yang akan menjual. Semuanya akan
ditentukan oleh target pasar Anda dan topik bahasan Anda.



Jangan karena merasa benar, Anda boleh mengirimkan sesuatu dengan bahasa
yang seenaknya. Tujuan baik dengan bahasa yang tidak baik bisa menimbulkan
sesuatu yang tidak baik yang akhirnya akan menjadikan halaman atau group Anda
ditinggalkan.
Salah satu yang perlu dihindari ialah perdebatan tidak berujung. Bagaimana pun
kita merasa benar, akan selalu ada orang yang membantah, meski pun dengan
bantahan bodoh atau bantahan kosong. Justru orang macam ini tidak akan
pernah berhenti untuk berdebat. Jadi hindari kiriman yang akan mengundang
perdebatan. Jika terjadi stop sesegera mungkin.
Kenapa harus menghindari perdebatan? Perdebatan tidak akan menghasilkan
penjualan tetapi akan menguras energi dan waktu Anda. Perdebatan adalah
sesuatu yang tidak produktif di facebook. Fokuslah mengirimkan sesuatu yang
bermanfaat dan menjual.



Rahasia #7: Komunikatif
Facebook adalah media untuk komunikasi. Pemasaran, promosi, dan menjual
adalah komunikasi juga. Maka syarat sukses pemasar di facebook adalah harus
komunikatif. Artinya harus mampu berkomunikasi dengan baik.
Komunikatif bukan berarti segala ditulis, bahkan menuliskan hal-hal yang tidak
perlu. Komunikatif adalah mampu menyampaikan pesan sedemikian hingga
penerima pesan mampu menerima maksud pesan tersebut. Sepertinya mudah.
Tetapi karena audien berasal dari berbagai kalangan, kesalahan pengertian
mungkin saja terjadi.
Salah satu keterampilan yang dimiliki oleh orang yang komunikatif ialah mampu
“mendengarkan” audiens. Dalam dunia facebook, tentu saja yang disebutkan
mendengarkan ialah dengan membaca tulisan-tulisan audiens, kemudian
dipahami, dan Anda mengirimkan pesan sesuatu dengan bahasa mereka.
Luangkanlah waktu untuk membaca komentar-komentar audiens Anda. Jika perlu
catat jika ada sesuatu yang perlu di catat.



Penutup
Apa yang ditulis dalam ebook singkat ini adalah sebuah fondasi bagi Anda yang
akan terjun di dunia pemasaran facebook. eBook ini memang singkat, tetapi isinya
sangat penting sebagai fondasi kuat untuk meraih keberhasilan.
Banyak orang yang terjun ke facebook untuk memasarkan produk atau jasanya.
Tetapi mereka hanya tiru sini tiru sana. Jika kebetulan yang ditiru sudah
menjalankan pemasaran dengan baik, maka dia beruntung. Namun sayangnya,
seringkali yang ditiru adalah sama-sama pebisnis pemula atau masih belum
memahami bagaimana cara pemasaran di facebook.
Tentu saja, apa yang dibahas di ebook ini tidak akan mencakup segalanya. Tetapi
cukup sebagai mindset awal untuk terjun ke dunia pemasaran facebook.
Saya akan membantu Anda melatih setahap demi setahap, mulai dari
mendapatkan banyak teman, membangun group dengan jumlah member yang
banyak, membangun halaman yang populer.
Dapatkan trik dan rahasia melalui workshop yang saya selenggarakan. Silahkan
hubungi kami untuk informasi selengkapnya.



Wassalam