Pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, merasa senang karena taktiknya jitu

KOMPAS.com Pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, merasa senang karena taktiknya jitu sehingga bisa memenangi GP Amerika Serikat, Minggu (29/7/2012) waktu setempat atau Senin dini hari WIB. Dalam balapan 32 lap itu, Stoner menggunakan strategi ban yang berbeda dari para rival utamanya.
Stoner mengalami kesulitan dengan ban belakang keras yang sudah direvisi Bridgestone. Nah, di Laguna Seca ini Stoner menggunakan ban belakang lunak, sebuah strategi yang kontras dengan para lawan yang bersaing di barisan depan. Ternyata hasilnya sangat memuaskan.
Sempat berada di urutan ketiga, Stoner berhasil menyalip rekan setimnya, Dani Pedrosa, serta pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, untuk membukukan kemenangan keempatnya sepanjang musim 2012.
“Kami sadar, kami mengalami kesulitan dengan ban keras, tetapi kami sudah melewati sejumlah balapan. Saya baru saja tak bisa mendapatkan kerja yang baik, begitu juga dengan temperatur. “Pada saat yang sama, dengan ban lunak kami tahu bahwa kami sedikit lebih baik,” papar Stoner.
Stoner mengakui, taktik idealnya terlihat ketika dia mulai memangkas gap dan gripnya bagus. Setelah itu, dia bisa menjauh usai menyalip Lorenzo di lap ke-21. “Saya berusaha untuk berada di depan secepat mungkin. Sayang, Dani dan Jorge melewati saya di awal lomba,” jelas juara dunia 2007 dan 2011 ini.”
“Rencanaku adalah melakukan start yang bagus dan melihat jika kami bisa membuat gap yang kecil dengan grip tambahan. Tetapi Jorge membalap dengan cepat di garis yang bagus, sehingga sulit menyalipnya. Jadi, saya berusaha untuk tenang dan sedikit menjaga ban, lalu secara perlahan meningkatkan kecepatan untuk melewati mereka. Kami juga memiliki grip yang lebih baik dari mereka,” katanya.
“Saya sangat, sangat senang dengan semua ini, dan menyenangkan melakukan hal berbeda dengan orang lain,” tegas Stoner.
Hasil seri ke-10 ini tak mempengaruhi posisi Stoner yang masih bertahan di posisi ketiga klasemen sementara. Tetapi dia bisa memangkas jarak dengan sang pemuncak, Lorenzo, yang kini unggul 32 poin.

Sumber :
autosport
Editor :
Kistyarini
Iklan