Belanja Hemat Saat Liburan

 Anda bingung memilih tempat berlibur? Belanja juga bisa jadi acara liburan yang asyik loh. Namun jangan sampai keuangan Anda jadi korban kekalapan. Simak dulu tipsnya!

Anda bingung memilih tempat berlibur? Belanja juga bisa jadi acara liburan yang asyik loh. Namun jangan sampai keuangan Anda jadi korban kekalapan. Simak dulu tipsnya!
Banyak sekali tempat belanja di Indonesia yang bisa berfungsi sebagai arena liburan yang mengasyikkan. Apalagi bagi Anda yang hobi belanja.
Namun, Anda juga harus memperhitungkan anggaran yang akan dikeluarkan. Jangan mentang-mentang liburan, jatah uang makan sebulan lalu disikat habis.
  1. Buat AnggaranTentukan besarnya anggaran Anda untuk berbelanja. Tak perlu membawa uang berlebih ketika hendak mulai belanja. Kendati anggaran habis namun jika dompet Anda masih tebal, dijamin kegiatan belanja akan semakin panjang. Patuhlah pada diri sendiri. Jika telah Anda anggarkan sekian, jangan coba-coba mengutak-atik dana tersebut.
  2. Buat PrioritasDana Anda tentunya tak akan cukup untuk memborong semua isi toko. Oleh karena itu cari benda-benda yang kira-kira sangat Anda butuhkan. Apa yang paling Anda perlukan saat ini, itu yang harus didahulukan.
  3. Jangan Asal MurahDiskon besar-besaran memang menggiurkan, tapi awas jangan sampai Anda termakan harga. Anda membeli barang murah yang belum tentu kualitasnya bagus. Belum tentu juga barang tersebut Anda butuhkan. Teliti dengan seksama ketika membeli barang. Harga miring harus Anda curigai juga.
  4. Tahan DiriIni yang paling penting. Mungkin sudah sebulan Anda menahan diri untuk tak belanja demi liburan. Namun bukan berarti Anda jadi kalap. Terutama saat membeli pakaian. Jangan karena model dan warnanya yang keren tanpa berpikir panjang Anda membelinya, padahal baju itu tak sesuai dengan ukuran tubuh Anda.
  5. Tidak Harus MahalBerbelanja ke luar negeri juga seru. Namun apakah Anda memerlukannya untuk saat ini? Jika Anda bisa memanfaatkan dana dengan baik mungkin jatah belanja Anda sewaktu-waktu bisa dialokasikan ketempat lain. Setidaknya kebutuhan Anda kan bukan hanya belanja saja. Jadi be smart