Transaksi yang rawan penipuan di Internet

Transaksi yang rawan penipuan di Internet

Sejalan dengan perkembangan teknologi, terutama teknologi selular dan Internet yang semakin memudahkan dalam kehidupan kita sehari-hari, ternyata juga dimanfaatkan oleh orang-orang yang memiliki niat jahat dan menggunakan teknologi selular dan Internet dalam mewujudkan niatnya.

Untuk hal ini, kita tidak bisa mengandalkan Polisi untuk melakukan penertiban dan penangkapan bagi penipu-penipu ini (walau tetap berharap polisi dapat melakukannya lebih intensif). Untuk menyiasati ini, kita dapat meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam melakukan transaksi di Internet.
Sebagai blogger yang perduli dengan keamanan di Internet, berikut disampaikan hal-hal yang perlu diwaspadai ketika melakukan transaksi di Internet :

1. Jenis Transaksi

    • Perangkat Handphone, Elektronik dan Komputer, terutama penjual yang menjual baragnya 70% dari harga yang dipasaran,
    • Tiket Konser secara online, biasanya penipu melakukan penipuannya melalui sms yang merujuk ke alamat situs palsu di Internet, seperti http://showmaxx.weebly.com/ yang merupakan situs penipu untuk konser Super Junior, seharusnya website yang benar. dan disediakan oleh penyelenggarannya adalah : http://www.showmaxxent.com/
    • Tiket Penerbangan dengan iming-iming harga murah atau promo

 2. Kota Penjual

    • Batam, biasanya penjual mengaku jual perangkat hp, elektronik dan komputer, dengan alamat di kompleks pertokoan/Mall Nagoya, Sebagai informasi tambahan, Batam saat ini sudah bukan merupakan pelabuhan bebas lagi, jadi harga-harga perangkat elektronik tidak akan jauh lebih murah dari tempat-tempat lain di Indonesia.
    • Bandung, entah kenapa kota ini dijadikan penipuan, pernah test salah satu situs penipu (aneka-digital.blogspot.com) yang mengaku beralamat di jend sudirman no. 27, bandung pernah di test, dengan mengaku telah disudirman bandung dan menanyakan letak detail tokonya namun dijawab tutup hahaha, dasar penipu ada-ada aja.

Dalam tulisan lainnya, akan dibuat list daftar situs-situs penipu di Internet, kita tidak dapat meminta kepada situs yang menyediakan situs penipu tersebut ditutup, namun kita dapat membantu mencegah rekan-rekan lain di Internet agar tidak menjadi korban penipuan di Internet
Sumber ;  http://panduan-belanja-online.blogspot.com/2012/04/transaksi-yang-rawan-penipuan-di.html