Bagaimana Agar Selalu Ingat Masjid?

Bagaimana Agar Selalu Ingat Masjid?

Bagaimana agar selalu ingat masjid dan mengapa kita harus selalu mengingat masjid? Di dalam sejarah Islam, masjid menjadi pusat kegiatan aktivitas dakwah Rasulullah dan para sahabat.
Masjid adalah rumah kedua yang menjadi singgahan hati kaum muslimin. Dari masjid lah terbentuk individu-individu muslim yang tangguh, yang mampu memperjuangkan dakwah Islam tak kenal henti. Salah satu fakta yang menjadi penguat atau alasan mengapa kita harus menautkan hati ke masjid adalah dengan melihat perjalanan sirah nabi.
Pada awal hijrah ke Madinah, yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah kala itu adalah masjid Nabawi. Masjid Nabawi yang dibangun tersebut selanjutnya menjadi pusat gerakan dakwah Rasulullah. Di dalam masjid inilah Rasulullah SAW menempa mental-mental para sahabat menjadi para jundullah yang berjuang keras menyebarkan nilai-nilai Islam di awal penyebarannya di jazirah Arab.
Ada banyak keutamaan yang akan dirasakan oleh seseorang yang hatinya selalu ingat dengan masjid. Ia akan ringan dan bersegera dalam melakukan amal ibadah. Bahkan Allah SWT secara langsung menjanjikan hadiah syurga bagi orang-orang yang hatinya selalu terpaut dengan masjid.
Bagaimana agar selalu ingat masjid? Selalu lah melatih diri untuk shalat berjamaah di masjid. Bagi laki-laki muslim, wajib hukumnya menjalankan iabadah shalat berjamaah di masjid. Sementara untuk kaum wanita lebih diutamakan di dalam rumah masing-masing karena khawatir akan menimbulkan fitnah dan keburukan jika bepergian ke masjid yang jauh.
Berikut ini diberikan beberapa tips untuk Anda yang ingin selalu ingat dengan masjid dan merindukan diri menjadi ahli masjid:
1. Merutinkan shalat berjamaah di masjid
Bagi kaum laki-laki muslim, saat mendengar seruan azan dari masjid, maka diwajibkan padanya bersegera menuju masjid untuk memenuhi panggilan Allah melaksanakan ibadah shalat. Orang yang selalu ingat dengan masjid adalah ia yang selalu rutin mengunjunginya. Bagaimana agar termotivasi bisa selalu shalat di masjid?
Lihatlah beragam keuntungan yang akan Anda peroleh dengan melaksanakan shalat berjamaah di masjid, diantaranya adalah pintu rezeki lebih terbuka, silaturahim lebih terbuka, hubungan sosial Anda dengan masyarakat lebih luas, amal pahala 27 derajat lebih utama dibandingkan dengan shalat sendirian di rumah.
2. Menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan dakwah
Untuk membuat kita selalu ingat dengan masjid, bisa dilakukan dengan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan merancang berbagai strategi perluasan dakwah di masyarakat. Masjid bukan hanya ruangan kosong yang ditinggalkan oleh penghuninya saat waktu shalat telah usai.
Tapi tetap harus diisi dengan berbagai kegiatan dakwah seperti kajian keislaman, tadabbur dan tilawah Al Quran, tempat belajar Al Quran dan materi-materi keislaman dan lain sebagainya. Masjid menjadi pusat kegiatan-kegiatan keislaman.
Photo credit by Kiwanc @flickr.com
 Bagaimana Agar Selalu Ingat Masjid?