PENYEBAB BANJIR

1. Penyebab Banjir
Banjir adalah bencana alam yang sering terjadi dan akibatnya tidak jauh berbeda dengan terjadinya kebakaran karena semua itu sangat merugikan manusia secara pribadi maupun kepentingan orang banyak. Bencana banjir tidak saja terjadi di pedesaan, di kota-kota besar sering terjadi terutama di musim penghujan.
Banjir di pedesaan atau didaerah-daerah tertentu sering melanda areal pertanian seperti persawahan dan ladang sehingga seluruh tanaman yang diharapkan oleh petani musnah terbawa oleh air. Lain lagi kalau banji rdi kota-kota besar, air akan menggenangi rumah-rumah sampai berhari-hari sehingga menghambat kegiatan sehari-hari juga alat-alat rumah tangga banyak yang rusak akibat terendam air.
Pada umumnya banjir diakibatkan oleh prilaku manusia yang tidak bertanggungjawab dan kurang memiliki pengetahuan tentang sebab dan akibat terjadinya banjir. Banjir merupakan masalah yang paling besar dan paling sering terjadi. Musibah banjir dapat terjadi dimana saja terutama pada musim penghujan. Banjir dapat disebabkan antara lain :
a. Adanya penebangan hutan secara besar-besaran tanpa adanya upaya reboisasi.
b. Meningginya/dangkalnya saluran air sungai.
c. Pembuangan sampah yang sembarangan, baik ke aliran sungai ataupun gorong-gorong, yang akhirnya menyumbat saluran air dan jika musim hujan terjadi banjir besar.
d. Pembuatan saluran air tidak memenuhi syarat volume airnya.
e. Konstruksi pembuatan tanggul-tanggul kurang baik, sehingga bila musim hujan menjadi bobol karena tidak kuat menahan derasnya air.

Banjir timbul bila air menggenangi daratan yang biasanya kering. Banjir bandang adalah mengalirnya sejumlah air dengan deras melewati daratan yang biasanya kering. Banjir bandang biasa terjadi di daerah pegunungan. Banjir merusak rumah dan harta benda lain, selain itu juga dapat menghanyutkan lapisan humus dan tanaman. Banjir besar dan mendadak dapat mengakibatkan kerugian besar dan berbagai bencana.
Namun banjir dapat menyuburkan suatu daerah. Misalnya, banjir tahunan sungai Nil menyuburkan lembah sungai Nil dan daratan Mesir, karena airnya mengangkut tanah subur di daerah hulu. Banjir dapat disebabkan meluapnya sungai, danau ataupun laut. Hujan setempat yang sangat deras tanpa diimbangi sistem pembuangan yang efektif juga dapat mengakibatkan banjir.