Penyearah Diode Setengah Gelombang Satu Phasa

Sekunder transformator penurun tegangan dipasang empat Diode R1, R2, R3 dan R4 yang dihubungkan dengan sistem jembatan gambar 10.21. Output dihubungkan dengan beban RL. Tegangan DC pulsa pertama melalui Diode R1 dan R4, sedangkan pulsa kedua melalui Diode R3 dan R2. Tegangan DC yang dihasilkan mengandung riak gelombang dan bukan DC murni yang rata.

Gambar 10.21 : Rangkaian Penyearah Jembatan – Diode

 

Penyearah gelombang penuh satu phasa bisa juga dihasilkan dari trafo yang menggunakan centre-tap (Ct), disini cukup dipakai dua buah diode, dan titik Ct difungsikan sebagai terminal negatipnya.

Untuk meratakan tegangan DC dipasang kapasitor elektrolit CG berfungsi sebagai filter dengan beban RL gambar 10.22 . Ketika Diode R1 dan Diode R4 melalukan tegangan positif, kapasitor CG mengisi muatan sampai penuh. Saat tegangan dari puncak menuju lembah, terjadi pengosongan muatan kapasitor. Berikutnya Diode R2 dan Diode R3 melewatkan tegangan negatif menjadi tegangan DC positif. Kapasitor CG mengisi muatan dan mengosongkan muatan. Rangkaian filter dengan kapasitor menjadikan tegangan DC menjadi lebih rata gambar 10.23.

Gambar 10.22 : Penyearah Jembatan Dengan Filter Capasitor


Gambar 10.23 : Penyearah Jembatan Dengan Filter RC

Contoh : Penyearah gelombang penuh diberikan tegangan 12VAC, dan arus 1A, tegangan ripple up=3,4V, frekuensi, ripple pf =100Hz, tegangan cut-in Diode
Uf = 0,7 V. Hitunglah:
a) Faktor daya transformator
b) Berapa besarnya tegangan AC
c) Tentukan besarnya kapasitas kapasitor
Jawaban :
           

Iklan