Proteksi Tegangan Ekstra Rendah

Tegangan ekstra rendah AC 50V dan DC 120V aman jika tersentuh langsung manusia gambar-11.12. Untuk menurunkan tegangan dipakai transformator penurun tegangan 230V/ 50V, dilengkapi dengan selungkup pengaman isolasi ganda. Atau menggunakan transformator 230/120 V yang disearahkan dengan diode bridge sehingga diperoleh tegangan DC 120V. Sirkit SELV (safety extra low voltage)
tidak boleh dikebumikan, sedangkan untuk PELV (protective extra low voltage) bisa dilakukan pembumian.

 Gambar 11.12 : Pengamanan dengan tegangan rendah

Untuk menjamin sistem SELV dan PELV bekerja baik, dirancang stop kontak dengan desain khusus SELV dan PELV gambar-11.13. Stop kontak SELV memiliki dua lubang kontak yang tidak bisa dipertukarkan. Stop kontak PELV memiliki tiga lubang kontak, satunya berfungsi sebagai sambungan ke penghantar PE (protective earth).

Gambar 11.13 : Stop kontak khusus untuk tegangan rendah

Tindakan pengamanan bisa dilakukan dengan menggunakan transformator pemisah atau motor-generator. Tegangan primer dan sekunder tranformator pemisah besarnya sama, yaitu 230V gambar 11.14. Selungkup pengaman dihubungkan ke penghantar PE (Protective Earth = pengaman ketanah). Dengan pemisahan secara elektrik, terjadi proteksi bila terjadi kegagalan isolasi dalam peralatan listrik tersebut.

Gambar 11.14 : Pengaman dengan trafo pemisah