Cincin Permata Terkecil Hanya Terlihat di Mikroskop

Cincin Permata Terkecil Hanya Terlihat di Mikroskop
Tri Wahono

Saking kecilnya, cincin permata ini hanya dapat dilihat keindahannya melalui mikroskop. Cincin buatan para ilmuwan Universitas Melbourne, Australia tersebut memang bukan untuk hiasan jari, melainkan sebagai komponen komputer masa depan.
Seperti dilaporkan dalam pertemuan Masyarakat Fisika Amerika di New Orleans, AS, beberapa waktu lalu, diameter cincin tersebut hanya 5 mikron dan tebal 300 nanometer. Satu mikron setara dengan sepersejuta meter, sedangkan satu nanometer sama dengan sepermiliar meter). Meski begitu kecil, cincin yang berbentuk lingkaran sempurna ini bakal membuat decak kagum.
Para ilmuwan yang mengembangkannya akan menggunakannya untuk membantu proses komputasi kuantum. Cincin dari bahan permata sekecil itu dapat menghasilkan dan mendeteksi sebuah foton atau partikel cahaya tunggal.
Foton dapat diatur kondisinya dan diterjemahkan menjadi kode 1 dan 0 yang digunakan untuk menyimpan informasi digital saat ini. Bahkan, sebuah foton yang disebut qubit ini, dapat membawa kode 1 dan 0 secara bersamaan sehingga daya simpannya semakain tinggi. Urutan kode-kode itulah yang merupakan paket-paket informasi.(LIVESCIENCE/WAH)

Sumber : Kompas, 15 Maret 2008

Iklan