Proteksi dengan Isolasi Ganda

Untuk memberikan pengamanan yang baik beberapa alat listrik dirancang dengan isolasi ganda, simbol isolasi ganda gambar-11.34. Alat dengan isolasi ganda tidak memerlukan sistem pentanahan. Jika terjadi kegagalan isolasi, isolasi tambahan akan menahan arus kejut sehingga tetap aman bagi
pemakai alat.

Dalam isolasi ganda ada dua jenis isolasi, bagian aktif diisolasi dengan isolasi dasar, bagian luarnya diberikan isolasi kedua yang menjamin tidak akan terjadi tegangan sentuh gambar-11.35. Isolasi tambahan ini diperkuat dengan sekrup dari bahan isolasi, tidak boleh mengganti sekrup logam yang memiliki sifat menghantarkan listrik.
 

Gambar 11.35 : Isolasi ganda pada peralatan listrik

Mesin bor tangan merupakan alat listrik dengan pelindung isolasi ganda gambar-11.36. Seluruh
bagian aktif berupa motor listrik dan sistem penggerak roda gigi dari logam dibungkus rapat dengan
bahan isolasi. Bagian luar ditutup oleh isolasi lapisan kedua untuk menjamin tidak ada bagian konduktif yang bersinggungan dengan tangan, jika terjadi kegagalan isolasi pada motor listriknya. Antara motor dan mekanik bor menggunakan poros bahan isolasi, sehingga meskipun mata bor dipegang dijamin tidak ada arus kejut mengalir ke tubuh manusia. Bahkan tombol tekan motor juga terbungkus bahan isolasi secara rapat.

Gambar 11.36 : Mesin bor dengan isolasi ganda