Brian W. Kernighan : pionir pengembang bahasa pemrograman AWK dan AMPL

Brian W. Kernighan : pionir pengembang bahasa pemrograman AWK dan AMPL
Bayu Yudistira

Sejak tahun 1969 Brian Kernighan bekerja di Bell Laboratories, Lucent Technologies di Muray Hill. Selama 20 tahun Kernighan mengepalai The Computing Structures Research Department. Bidangnya adalah mengenai software tools, application-oriented language, programming methodology dan user interfaces. Kernighan juga sebagai consulting editor untuk Addison-wesley`s professional computing series. Brian Kernighan bersama dengan Dennis Ritchie membuat sebuah buku yang diberi judul The C programming language. Di Bell Laboratories, Kernighan bersama yang lainnya mengembangkan sebuah operating system yang diberi nama Unix.
Pada tahun 1969 di Universitas Princeton, dalam Disertasi Ph.d nya, Kernighan membuat beberapa Graph Partitioning Problems yang dihubungkan dengan Program Segmentation. Pada tahun 1971, dalam Conferensi Princeton ke-5, Brian Kernighan bersama dengan S. Lin mempresentasikan mengenai A heuristic technique untuk mengatasi a Class of Combinatorial optimization problems. Di tahun yang sama, Kernighan bersama S. Lin membuat sebuah metode Minimizing the Interconnection Cost of Linked Object. Pada tanggal 2 November 1971, metode yang mereka buat itu mendapat hak paten dari Departemen Hak Paten Amerika.
Brian Kernighan sering mengikuti berbagai workshop. Tahun 1972 bersama D. G .Schweikert dalam Design Automation Workshop yang ke-9, mempresentasikan makalah mereka yang berjudul A Proper Model for the Partitioning of Electrical Circuit. Tahun berikutnya Brian Kernighan, D. G .Schweikert dan G. Persky mengikuti Design Automation Workshop yang ke-10 dengan judul makalah An Optimum Channel-routing algorithm. Februari 1973, bersama dengan P. Hamilton mengikuti 1st SIGME Symposium di California dengan judul makalah Synthetically generated performance Test Load for Operating System. Selain workshop, Kernighan juga sering mengikuti berbagai konferensi, seperti pada bulan Mei tahun 1976 di Montreal, mengikuti Canadian Information Processing Society Conference dengan makalah berjudul Improving Program Readability. Dan pada Juli 1986, Kernighan pernah mengikuti Unix Pacific Technology Seminar yang diselenggarakan di Tokyo.
Buku-buku yang ditulis oleh Kernighan pun tidak sedikit. Kernighan banyak menulis buku mengenai bahasa pemrograman. Judul-judul bukunya yang Kernighan tulis diantaranya adalah The Practice of Programming. Kernighan juga Bersama Dennis Ricthie menulis buku yang berjudul The C programming language.

Sumber : IlmuKomputer.Com (13 September 2006)