Dennis McAllistair Ritchie : Pembuat bahasa pemrograman C

Dennis McAllistair Ritchie : Pembuat bahasa pemrograman C
Alfian Muhammad

Dennis Mc Allistair Ritchie bersama Ken Thompson membuat bahasa yang paling terkenal di dunia komputer menyaingi bahasa Inggris di dunia nyata. Bahasa itu adalah bahasa C.
Dennis M Ritchie lahir ditengah perang dunia ke 2 pada tanggal 9 September 1941 di Bronxville New York. Lulus dari Harvard tahun 1963 dalam bidang fisika dan melanjutkan pendidikan di Harvard hingga meraih gelar PhD di bidang matematika (perlu diketahui bahwa orang jenius dalam bidang sains biasanya suka matematika).
Setelah lulus dari Harvard ,Dennis Ritchie bergabung dengan laboratium paling terkenal di dunia (Bell Labs) pada tahun 1963 mengikuti jejak ayahnya Alistair E. Ritchie. Tak lama setelah bergabung dengan lab ini, ia segera memberi konstribusi dalam proyek Multics yang merupakan proyek kerjasama antara Bell Labs, MIT dan General Electrics dengan membantu menuliskan compiler bahasa BCPL(Basic Combined Programming Language) untuk mesin Multics. Kemudian ia membantu Ken Thompson dalam pembuatan sistem operasi UNIX (salah satu OS selain Windows).
Bahasa C inilah fondasi dalam pembuatan Unix. Bahasa C ini merupakan pengembangan dari bahasa B yang dibuat oleh Ken Thompson dengan penambahan beberapa tipe data dan sintaks baru kedalamnya oleh Dennis Ritchie.
Ia bersama Ken Thompson banyak menerima penghargaan dari berbagai organisasi seperti ACM Software Award, US National Medal of Technology atas konstribusinya dalam dunia komputer ini. Hingga saat inipun bahasa C merupakan bahasa paling banyak digunakan oleh para programmer.

Referensi

Sumber : IlmuKomputer.Com (2007)