Donor Komputasi Prosesor Lewat Facebook

Donor Komputasi Prosesor Lewat Facebook
Indra Darmawan

Ini salah satu cara baru dan unik untuk mendukung kegiatan sosial pemberantasan penyakit serta riset perubahan iklim. Yakni mendonasikan prosesor lewat jejaring sosial Facebook.
Bukan menyumbang dalam arti sebenarnya: mencopot prosesor dari slotnya di motherboard dan mengirimkannya ke orang lain, melainkan kita cuma perlu mendaftar ke situs ke sebuah laman di Facebook, untuk bisa menyumbangkan kinerja prosesor Intel di komputer kita, secara virtual.
Adalah Intel dan organisasi nirlaba GridRepublic yang memiliki inisiatif ini. Keduanya meluncurkan sebuah aplikasi facebook yang memungkinkan para pengguna Facebook membagi kinerja prosesor komputer untuk keperluan sosial.
Melalui aplikasi bertajuk ProgressThruProcessors, para pengguna Facebook bisa memilih untuk menyumbangkan kinerja prosesor komputer mereka untuk keperluan tiga proyek yang sedang dijalankan. Yakni Rosetta@home (untuk penelitian penyakit AIDS, malaria, kanker, dan Alzheimer), proyek ClimatePrediction.net (pencegahan pemanasan global), atau proyek Africa@home (pengendalian penyebaran malaria).
Proyek-proyek tersebut merupakan proyek yang membutuhkan sistem komputasi tingkat tinggi yang mahal, bahkan terkadang membutuhkan komputer yang belum ada.
Oleh karenanya, Intel dan GridRepublic menggunakan konsep grid computing, di mana komputer-komputer membuat sebuah jaringan besar yang menyumbangkan resource komputer mereka secara kolektif, untuk menjalankan komputasi yang bisa menyamai atau bahkan mengalahkan sebuah superkomputer.
“Dengan menjalankan aplikasi itu di komputer Anda, yang mana hanya sedikit lebih membebani penggunaan resource komputer, Anda menyumbangkan resource komputasi untuk mendukung riset ini,” ujar Deborah Conrad, Vice President and General Manager of Corporate Marketing Intel, dalam pernyataan resminya, dikutip dari situs CNET.
Menurut Intel, aplikasi tersebut hanya berjalan ketika kinerja sebuah komputer PC tidak terpakai seratus persen. Saat komputer pengguna sedang sibuk mengerjakan aplikasi yang berat, secara otomatis, ia akan idle, menangguhkan pekerjaannya, dan kembali bekerja ketika ada resource prosesor yang tersisa.
Aplikasi tersebut hanya akan menjadi aplikasi latar, yang tak akan mengganggu pekerjaan pengguna komputer. Selain menyediakan aplikasi di Facebook, GridRepublic juga menyediakan program donasi komputasi lewat program screensaver.
Bila sebuah komputer sedang ‘nganggur’ dan menjalankan screen saver tersebut, otomatis resource komputer tersebut akan disumbangkan untuk turut menjalankan komputasi-komputasi untuk sosial tadi.

Sumber : vivanews (6 Agustus 2009)