Kenneth Thompson : pionir pengembang Sistem Operasi Unix

Kenneth Thompson : pionir pengembang Sistem Operasi Unix
Handy Wijaya

Lahir pada tahun 1943 di New Orleans, Lousiana. Selama 17 tahun, 1943-1960 hidup berpindah-pindah setiap beberapa tahun. Lulus dan gelar B.S dan M.S. pada jurusan teknik elektro dari Universitas California, Barkeley pada tahun 1965-1966. Setelah lulus bergabung dengan departemen penelitian komputer Bell Labs dan mengerjakan proyek MULTICS. MULTICS (Multiplexed Information and Computing Service) dikembangkan oleh Bell Labs bersama General Electric dan MIT, merupakan adopsi dari generasi ketiga peralatan komputer.
Pada bulan April 1969, AT&T membuat keputusan untuk mengundurkan diri dari MULTICS dan lanjut kepada GECOS. Saat mundur dari MULTICS, Ken Thompson dan Dennis Ritchie diperlukan untuk menulis ulang sistem operasi agar dapat menjalankan program pada mesin yang berskala kecil yaitu PDP-7 (Data Prosesor Terprogram dengan memori 4K untuk program user). Hasilnya adalah system yang bernama UNICS (Uniplexed Information Computing Service), tidak secanggih dari MULTICS. Pertengahan 1969, Ken Thompson mulai mengembangkan Sistem Operasi Unix. Thompson mengembangkan Unix agar dapat banyak user dapat saling membagi sistem file secara continue pada waktu yang bersamaan.
Tahun 1970, Thompson menciptakan bahasa pembrograman B, yang merupakan pendahulu dari bahasa pemrograman C. Pada tahun 1971 keluarlah Unix versi 1 yang memuat 60 perintah dasar. Kekurangan utama dari Unix versi 1 adalan pada konsep pipes. Kemudian pada tahun berikutnya, memindahkan UNIX dari PDP-7 ke PDP-11. Tahun 1973, menulis ulang UNIX dengan mengunakan bahasa C dan menambah kekurangan dari Unix dengan konsep pipes dari Doug McIlroy.
Bersama dengan bahasa pemrograman C dan pengaruh dari pembuatan tool piranti lunak untuk UNIX, sistem UNIX menjadi revolusioner pada perubahan komputer dan komunikasi. Sistem Operasi Unix bersama bahasa C dibuat untuk komputer dari skala microprocessor sampai superkomputer agar dapat menjalankan piranti lunak yang sama. Pada tahun 1974, Thompson mengajar di Universitas of California, di Barkeley selama setahun.
Pada tahun 1980, dengan Joseph Condon, dia menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk Belle, permaian catur komputer, yang kemudian memenangkan kejuaran catur komputer sedunia dan Amerika, menjadi permainan game catur komputer yang top di dunia. Penelitian terbarunya adalah membuat proses panggilan untuk PathStar(tm) Access Server Lucent, sebuah produk kelas baru yang membuat penyedia network untuk menawarkan biaya rendah, suara dan layanan data berkualitas tinggi melalui internet.
Ken Thompson memperoleh penghargaan sebagai anggota kehormatan Bell Labs dan anggota the National Academy of Sciences, the National Academy of Engineering, and the Association for Computing Machinery (ACM). Mempunyai setengah lusin paten untuk teknologi komputer. Dengan Dennis Ritchie, dia mendapatkan penghargaan yang banyak sebagai penemu dari sistem UNIX dan penemu bahasa pemrograman C. Juga mendapat pengghargaan dari Japan C&C Prize, penghargaan IEEE Emmanuel R. Piore Award dan Medali Richard Hamming, dan juga Pengghargaan Turing Award and Software System ACM. Juga Presiden Clinton memberikan penghargaan National Medal of Technology kepadan Ritchie and Thompson dalam seremoni di Gedung Putih.
Semasa bekerja pada Pusat Penelitian Ilmu Komputer di Bell Labs AT&T, Kenneth Thompson memfokus penelitian nya pada sistem operasi, bahasa pemrograman, software untuk suara dan komunikasi data, sekuriti, game komputer, dan distribusi musik digital. Sistem operasi UNIX merupakan salah satu pengembangannya yang terkenal di dunia dan sampai sekarang mempunyai banyak varian, antara lain: AIX/AIXL, BSD, DUNIX, DYNIX/ptx, HP-UX, IRIX, MINIX, OSF/l, QNX, SCO, Sun Solaris, System V, Tru64 UNIX, Ultrix, Unixyx, UnixWare, Xenix. Thompson mengundurkan diri dari AT&T ditahun 2000.
Referensi:

Sumber : IlmuKomputer.Com (13 September 2006)