Nobel Komputasi Jatuh ke Pionir Desainer PC

Nobel Komputasi Jatuh ke Pionir Desainer PC
srn

Seorang peneliti di perusahaan software terbesar di dunia Microsoft, Charles Thacker berhasil meraih Turing Award atas jasanya mendesain dan mengembangkan PC yang lebih moderen.
Saat masih bekerja di pusat penelitian Palo Alto (PARC) milik Xerox pada tahun 1970, Charles Thacker memimpin pengembangan hardware untuk Alto, yang menampilkan tampilan inovatif dan teknologi lainnya, agar membantu menginspirasi generasi komputer ke depannya.
Thacker, yang kini berusia 67 tahun juga merupakan salah satu penemu teknologi jaringan Ethernet untuk mengkoneksikan komputer, yang saat ini masih banyak digunakan.
Dalam pidatonya, seperti dikutip melalui Associated Press, Kamis (11/3/2010), Thacker berkomitmen untuk mendonasikan uang yang diraih kepada almamaternya, University of California, Berkeley.
Thacker berhasil masuk dalam jajaran penemu yang mendapatkan Turing Award. Sebelumnya, pionir internet Vint Cerf dan Robert Kahn juga masuk sebagai penerima penghargaan. Bahkan tahun sebelumnya lagi, penemu teknologi tetikus Doug Engelbert juga mendapatkannya.
“Thacker merupakan salah satu ahli sistem komputer yang sangat hebat di zamannya. Penemuannya berhasil membawa pengaruh dalam dunia komputer modern,” ujar Presiden Asosiasi Turing Award Wendy Hall.
Atas kemenangannya itu, Thacker berhak atas hadiah senilai USD250.000. Turing Award sendiri merupakan penghargaan di bidang teknologi, mirip dengan penghargaan Nobel. Nama Turing sendiri diambil dari nama ahli matematika Alan Turing. Penghargaan ini digagas atas inisiatif Google dan Intel. (srn)

Sumber : okezone.com, 11 Maret 2010