Pencipta awal PC – Ed Roberts – meninggal dunia

Pencipta awal PC – Ed Roberts – meninggal dunia

Ed Roberts, seorang yang berjasa dimasa sejarah awal komputer Altair 8800 dan telah membantu menginspirasi Bill Gates dan Paul Allen memulai Microsoft, meninggal Kamis. Dia meninggal dunia di usia 68 tahun.
Meskipun nama Roberts kurang dikenal dari beberapa perintis komputasi lain, Altair secara luas dikenal sebagai komputer pribadi (PC) pertama dan memberi inspirasi bagi industri komputer modern. Roberts menciptakan Mikro Instrumentasi dan Sistem telemetri (MITS), yang diperkenalkan pada komputer Altair pada tahun 1975. Sebuah artikel tentang Altair 1975 dalam edisi Januari di Popular Electronics menarik perhatian Paul Allen muda, dan menunjukkan artikel tersebut kepada Bill Gates.
Bill Gates dan Paul Allen segera mengulurkan tangan untuk Roberts, yang mencari orang untuk membuat perangkat lunak untuk Altair. Menindaklanjuti pertemuan mereka dengan Ed Roberts, kedua orang tersebut menuju Albuquerque, NM, di mana perusahaan Roberts berada. Bill Gates dan Paul Allen kemudian mendirikan Microsoft, yang memiliki kantor pertamanya di Albuquerque.
Meskipun mempunyai pengaruh kuat dalam industri komputer, Roberts meninggalkan dunia komputer pada 1970-an, menjual MITS, melanjutkan pendidikan di sekolah kedokteran, dan kemudian mendirikan sebuah praktek medis di Georgia.
Dalam sebuah pernyataan bersama yang diposting di situs Web Bill Gates, Gates dan Allen memberi penghormatan kepada Ed Roberts.
“Ed Roberts benar-benar menjadi perintis dalam revolusi komputer pribadi, dan tidak selalu mendapatkan pengakuan yang pantas dia dapatkan,” ujar pendiri Microsoft mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Dia adalah pria yang memiliki rasa humor, dan ia selalu sangat peduli tentang orang yang bekerja untuknya, termasuk kita.”
Paul Allen mengatakan bahwa Roberts adalah seorang mentor, dan bukan hanya di sisi komputasi.
“Ed adalah pengusaha komputer pertama, Bill dan aku menghabiskan waktu bersama dia, dan kami belajar banyak tentang bisnis dari dia,” kata Allen dalam sebuah e-mail.
Bill Gates melakukan perjalanan minggu lalu untuk mengunjungi Roberts yang sakit di rumah sakit.
“Ed bersedia memberi kesempatan pada kami – dua orang muda tertarik pada komputer dan kami selalu berterima kasih kepadanya,” kata Gates dan Allen. “Hari pertama dimana software kami yang belum teruji berhasil bekerja pada komputer Altair nya adalah awal dari banyak hal-hal besar. Kami akan selalu memiliki banyak kenangan indah bekerja dengan Ed di Albuquerque, di bagian kanan kantor MITS di Route 66 – di mana begitu banyak hal menarik terjadi bahwa tidak satupun dari kita bisa membayangkan waktu itu. ”
DigiBarn, yang tahun lalu membuat halaman khusus untuk merayakan 40 tahun MITS, memberi penghargaan digital tribute untuk Roberts.
Salah satu pendiri Apple Steve Wozniak mengungkapkan kesedihannya mendengar kematian Robert seperti dikatakannya kepada CNET “Dia mengambil langkah penting menuju semua yang kita miliki saat ini,” kata Wozniak dalam e-mail.

Sumber : dakdem.com, 2 April 2010