Dari banyak faktor penyebab kecelakaan lalu lintas

Mereka yang mengendarai motor saat ini seolah telah menguasai jalanan. Terlebih lagi dengan sikap mereka yang cenderung ugal-ugalan dan melakukan atraksi berbahaya tanpa alasan yang jelas selain untuk menarik perhatian dan pamer. Begitu juga dengan pelanggaran lalu lintas secara terang-terangan yang mengakibatkan tidak hanya mereka yang celaka namun juga pengguna jalan lainnya.

Dari banyak faktor penyebab kecelakaan lalu lintas, faktor kesalahan pengendara atau human error masih merupakan faktor utama. Edo Rusyanto seorang penggiat berkendara aman dan nyaman menuturkan lima hal yang kerap menjadi penyebab kecelakaan saat mengendarai motor.

Pertama, adalah cara mendahului yang salah pada saat berada di pertigaan. Sering terjadi, saat berada di pertigaan pengendara motor selah memperhitungkan kendaraan di depannya akan berbelok ke arah mana atau lurus, sehingga tanpa perhitunga langsung memotong. Karena faktor ini biasanya tabrakan tidak dapat dihindarkan.

Kedua, adalah kesalahan memperhitungkan dan mempertimbangkan lintansan tikungan saat mengendarai motor. Biasanya pengendara motor memasukit tikungan terlalu cepat sehingga mereka tidak sempat memperhitungkan kendaraan yang berada di ujung jalan. Keadaan seperti ini kerap menimbulkan kepanikan karena kaget dan berakibat kegagalan pada saat pengereman.

Yang ketiga, adalah karena jarak yang terlalu dekat dengan kendaraan di depan. Kecelakaan yang terjadi saat mendahului kendaraan lain adalah yang cukup sering terjadi. Biasanya hal ini terjadi karena pengendara merasa terlalu yakin untuk mendahului apabila ada kesempatan sehingga tidak mempertimbangkan gerak yang akan diambil kendaraan di depannya.

Berikutnya adalah karena kecepatan yang tidak tepat. Banyak kecelakaan terjadi karena pengendara motor memacu kecepatannya tanpa mempertimbangkan kondisi jalan yang dialaluinya. Karena itu sering terjadi hilang kendali saat harus menghindar lubang atau lawan, bahkan saat berada di tikungan atau pertigaan dan perempatan. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda yang mengendarai motor untuk menyesuaikan kecepatan dengan kondisi jalan yang anda tempuh.

Pernahkah anda mendengar bahwa jumlah kematian yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas lebih besar dari pada jumlah korban tewas pada saat perang. Pernyataan ini benar. Setiap tujuh belas menit, satu jiwa melayang akibat kecelakaan lalu lintas. Baik itu kecelakaan mobil, truk ataupun sepeda motor. Dan menurut catatan, angka kecelakaan tertinggi terjadi pada mereka yang mengendarai motor.


Yang terakhir adalah karena sepeda motor anda tidak berada dalam keadaan aman. Kondisi motor harus anda perhatikan sebelum anda mengendarai motor. Keadaan yang tidak prima dapat membahayakan anda. Jangan pernah meremehkan kondisi oli, rantai dan ban motor anda. Lakukanlah perawatan secara teratur. Begitu juga dengan perlengkapan kemanan seperti helm, sepatu dan pelindung siku dan lutut. Menggunakan perlengkapan keamanan daat meminimalisir akibat kecelakaan.