Karakteristik Osilasi Pada Sistem Kontrol

Ada tiga karakteristik osilasi apabila sebuah lingkar (loop) diterapkan pada sistem kontrol, yaitu loop stabil, loop batas stabil, dan loop tidak stabil. Bentuk karakteristiknya diperlihatkan pada gambar 12.44.
 
Gambar 12.44 Karakteristik osilasi

Dalam sistem kontrol dengan loop stabil, respon sistemnya bisa mengikuti masukan acuannya dengan error semakin kecil dan menuju nol. Sementara untuk loop batas stabil, output sistemnya berosilasi terus-menerus, yang pada tingkat tertentu merusak komponen sistemnya.

Karakteristik loop yang tidak stabil adalah kualitas terburuk dari sistem kontrol. Dalam sistem tersebut, respon sistem melebihi dari nilai masukan acuannya dan semakin lama semakin besar. Hal ini tentu saja menyebabkan kerusakan dalam sistem. Misalnya pada pengaturan kecepatan motor arus searah terjadi loop tidak stabil maka motor berputar semakin lama semakin besar sampai melebihi batas kecepatan nominalnya yang tercantum dalam nameplate-nya. Tentu saja yang terjadi adalah motor menjadi rusak karena terjadi panas berlebih dalam komponen motor tersebut.