Operasi Maju dan Mundur Silinder

Seperti halnya pada pneumatik, pada elektropnuematikpun dapat dibuat rangkaian dasar yang harus di set secara bersama-sama. Disini kembali berlaku prinsip-prinsip perancangan rangkaian yaitu dengan memper hatikan fungsi dan karakteristik penyetelan. Komponen-komponen harus di-tangani dengan baik sehingga dan berfungsi baik dan dapat direncana kan pengontrolan yang sesuai.

Cara kerja silinder sangat berbeda dengan cara kerja pneumatik. Disinitidak ada pengaturan secara langsung. Dalam praktik, pengaturan dilakukan melalui relay. Kontrol jenis ini mempunyai keunggulan, bahwa arus relay dapat digunakan untuk mengaktifkanperangkat lainnya.


 Gambar 12.58. Silinder tunggal dengan dgn katup magnetik 3/2

Operasi satu arah dari Silinder
Dengan mengoperasikan saklar-1 gambar 12.56 maka relay K1 akan energized dan ini akan meng-aktifkan kontak relay pada lead arus-2 serta katup magnetik Y1 di bagian silinder 1V1, sehingga jalur katup 3/2 dapat memberikan pengontrolan. Silinder 1A1 akan bergerak ketika S1 dioperasikan lagi dan mencapai ujung tabung ketika S1 dioperasikan untuk waktu yang diperlukan silinder bergerak dari ujung ke ujung tabung.
 
Silinder dengan Operasi Ganda
Disini juga akan dijelaskan kemungkinan-kemungkinan peng-aturan yang lebih banyak karena
menggunakan pengaturan tekanan udara secara ganda. Silinder pada gambar 12.57 atas hanya akan bergerak ketika S1 ditekan untuk waktu selama silinder bergerak.

Gambar 12.59. Silinder operasi ganda katup 5/2

Gambar-12.57 bawah menunjukkan bahwa silinder 1A1 bergerak berdasarkan impuls yang diperoleh dari S1 dan S2 yang ditekan sesaat saja. Katup path 5/2 1V1 merupakan sebuah katup dengan memori.


 Gambar 12.60. Silinder ganda dengan katup 5/3

Oleh karena itu, untuk meng-operasikannya hanya diperlukan impuls yang pendek saja periodenya. S1 dapat dioperasikan kembali ketika S2 dioperasikan, sehingga belitan magnet Y1 dan Y2 akan aktif, dan pengaturan katup 1V1 tidak dapat dialihkan. Impuls 1V1 tersimpan oleh sinyal yang
pertamakali datang.