China Bangun Super Komputer Tercepat ke-7 Dunia

China Bangun Super Komputer Tercepat ke-7 Dunia
Nunyunda

Meskipun kehilangan ranking terbesar didunia untuk superkomputer terbaik, China membuat tampilan server terbaik terhadap saingannya mengenai perhitungan komputer tercepat ke-7 di dunia.
Menyongsong 5000A, dengan kemampuan operasi komputer 160 trilyun per detik, ditandatangani untuk diinstal di Shanghai Supercomputer Center (SSC) yang dispesialisasikan untuk pelayanan pemetaan, penaksiran gempa, perkiraan cuaca,pengumpulan data dan penukaran data saham dalam skala besar.
Nie Hua, Wakil Presiden Dawning Information Industry Co, mengatakan Rabu kemarin dalam interview dengan Xinhua,”Penundaan dalam pengiriman chips mata segiempat ke AMD Barcelona membuat kami melewatkan rangking terakhir”.
Konferensi Internasional Superkomputing diluncurkan minggu lalu di Dresden, Jerman, kompetisi terakhir menghasilkan superkomputer tercanggih dunia , atau TOP500.
Sistem dunia No.1, “roadrunner” yang telah membangun IBM untuk Departemen Energi Amerika, Los Alamos National Laboratory (LANL),sangat revolusioner melebihi kecepatan satu persepuluh pangkat lima belas operasi perhitungan dalam detik, 5,4 kali lebih cepat dari Dawning 5000A.
Sementara itu, IBM “Roadrunner” dibangun untuk aplikasi militer yang tidak khusus, sistem super tercepat produksi China, menutupi ruangan hampir 75 meter persegi, difokuskan untuk penggunaan komersil. Penjualan Dawning yang dipamerkan menjadi pusat perhatian dalam proses tampilan 36 jam informasi perkiraan cuaca di Beijing.
IBM menduduki lima slot dari lima superkomputer ternama. Ketika dalam perbandingan tampilan, Dawning 5000A diikuti sistem No.6 IBM BlueGene/P yang telah diinstal di Forschungszentrum Juelich (FZJ), Jerman.
Jadwal penyelesaian instalasi Dawning 5000A di SSC pada bulan November memungkinkan sistem dapat berlomba di ranking dunia pada Nobvember mendatang.
Dawning 5000A masih tetap diantara sepuluh terbesar yang diperhitungkan karena perkembangannya industri superkomputer yang melaju pesat. FZJ IBM BlueGEne/P diperhitungkan sekitar 167.3 trilyun kali dalam detik, dihitung dalam detik pada November lalu.(ChinaDaily/Nunyunda)

Sumber : Indonesia Ontime (28 Juni 2008)

Iklan