Notebook Peramal Gempa

Notebook Peramal Gempa
Adi

Sebuah penemuan baru tentang prediksi gempa sempat mengguncang sekelompok ilmuwan seismik dari University of California di Riverside yang sedang melakukan riset tentang aktivitas perut bumi. Pasalnya, sampai sekarang belum ada satu ilmuwan pun yang berhasil melakukan prediksi kapan terjadinya gempa.
Lucunya, Elizabeth Cochran, seorang seismologis yang tergabung dalam kelompok ilmuwan tadi menemukan ide ini justru setelah melihat aplikasi besutan Macintosh yang bernama SeisMac. Aplikasi ini dibangun menggunakan sistem accelerometer yang dibenamkan pada notebook Mac.
Accelerometer sendiri sebenarnya merupakan sebuah sensor kecil yang biasa digunakan sebagai pelengkap pada alat-alat permainan dan keamanan. Accelerometer dapat mendeteksi gerakan dan menerjemahkannya menjadi sinyal digital. Produk Mac memanfaatkan accelerometer ini untuk menempatkan kepala harddisk ke posisi aman agar kerusakan yang terjadi ketika ada guncangan bisa diminimalkan.
Cochran dan 2 ilmuwan lainnya, bersama seorang programmer komputer, mencoba melakukan konfigurasi di alat ini. Hasilnya, seperti dilansir kompas.com, Jumat (4/4) adalah sebuah aplikasi prediksi gempa yang bisa dipasang pada notebook. Program serupa digunakan pada proyek pendeteksi aktivitas luar angkasa (SETI), yang tergabung dalam jaringan komputasi grid BOINC.
Alat penangkap gempa bumi ini memang masih belum diluncurkan secara resmi. Namun, untuk jangka panjang, alat ini diharap bisa menjadi penemuan yang dapat melindungi kehidupan manusia dari bahaya gempa bumi.

Sumber : Suara Karya (4 April 2008)