Sejuta PS3 Bantu Riset Kanker


Sejuta PS3 Bantu Riset Kanker
fah

Sebelas bulan sejak konsol game generasi mendatang, Sony PlayStation 3 (PS3), bergabung dalam Proyek Folding@home, ada sejuta pengguna PS3 yang berpartisipasi. Itu berarti, dalam sehari, ada 3.000 pengguna yang mendaftar atau hampir dua pengguna baru di seluruh dunia yang bergabung setiap menit.
Folding@home adalah jaringan komputasi terdistribusi yang dirancang untuk melakukan simulasi intensif proses pelipatan protein dan dinamika molekuler lainnya. Simulasi akurat dalam proses pelipatan protein dan kegagalan dalam pembentukan protein itu memungkinkan komunitas ilmiah memahami lebih baik perkembangan penyakit yang berhubungan dengan proses tersebut, seperti alzheimer, penyakit sapi gila (BSE), cystic fibrosis, dan kanker.
Folding@home dikelola oleh Pande Group pada Departemen Kimia Universitas Stanford di Palo Alto, Silicon Valley, Amerika Serikat. Penyelia proyek ini adalah Profesor Vijay Pande. Sistem PS3 firmware versi 1.6 yang dirilis Sony pada 22 Maret 2007 memungkinkan program Folding@home, yang besarnya 50 megabita, itu diunduh ke PS3.

Sumber : Koran Tempo (8 Februari 2008)