Internet2, 10.000 Kali Lebih Cepat dari Internet Broadband

Internet2, 10.000 Kali Lebih Cepat dari Internet Broadband
red

Para peneliti California Institute of Technology (Caltech) di Pasadena, Amerika Serikat dan CERN – yang berpusat di Geneva, Swiss – telah menguji kecepatan transfer data pada jaringan backbone Internet2, Abilene Network. Penelitian dilakukan untuk mengukur kecepatan pengiriman data sejauh 11.000 kilometer dengan kecepatan rata-rata 6,25 gigabits per second (gbps).
Menurut pernyataan CERN yang dikutip IDG News Service, kecepatan transfer yang didapatkan ternyata 10.000 kali kecepatan koneksi internet broadband rumahan.
Rekor kecepatan transfer data tersebut dilakukan pada kompetisi Internet2 Land Speed Record minggu ini. Uji kecepatan itu merupakan bagian dari pertemuan Spring 2004 Internet2 yang dilaksanakan di Arlington, Virginia Amerika Serikat. Internet2 merupakan grup yang terdiri lebih dari 200 universitas di negeri Paman Sam, yang mengembangkan industri teknologi internet masa depan.
Sebelumnya, tim dari Caltech dan CERN telah melakukan uji serupa dengan jarak yang sama pula, dari Los Angeles ke Geneva. Pada uji kecepatan internet dengan menggunakan Internet Protocol versi 6 tersebut didapatkan kecepatan transfer data sebesar 4 gbps. Sementara dengan menggunakan Internet Protocol versi 4, kecepatan transfer data mencapai 6,25 gbps.
“Riset menujukkan high-energy physics, astrofisika, energi fusi, klimatologi, bioinformatika, dan bidang lainnya memerlukan jaringan internet yang cepat,” tutur Harvey Newman, profesor Fisika di Universitas Caltech, Amerika Serikat. “Dalam jangka 10 tahun mendatang kecepatan transfer data akan mencapai terabit-per-second (1 trilyun bits).”
Pengukuran rekor kecepatan tansfer perlu dilakukan untuk pengembangan grid network yang dilakukan oleh para ilmuwan. Kecepatan tinggi tersebut tak dibutuhkan untuk pengguna rumahan, yang masih tercukupi dengan koneksi ADSL biasa.

Sumber : komputer aktif! (23 April 2004)