Linus Torvalds

Linus Torvalds
Budi Rahardjo (PT Insan Infonesia & PT INDOCISC (Bandung, Indonesia) )

Linus Torvalds merupakan pencipta dari operating system Linux. Penciptaan Linux ini terjadi ketika dia masih menjadi mahasiswa di Finlandia. Bahkan sempat terjadi debat antara Linus dengan pakar sistem operasi Tanembaum (yang mengembangkan sistem operasi Minix).
Saat ini Linus bekerja di perusahaan Transmeta yang membuat chip microprocessor Crusoe. Prosesor Crusoe ini disebut juga prosesor “bunglon” karena bisa berubah fungsi menjadi seperti prosesor lain.
Linux merupakan implementasi UNIX yang gratis yang mulanya dikembangkan oleh Linus Torvalds. Pada mulanya Linux diimplementasikan untuk sistem yang menggunakan mikroprosesor Intel (80386 ke atas). Akan tetapi sekarang sudah ada implementasi Linux untuk sistem yang menggunakan mikroprosesor Dec Alpha, PowerPC, dan Sparc.
Linux dapat diperoleh secara gratis melalui FTP. Biasanya Linux didistribusikan dalam bentuk paket yang dikenal dengan istilah “distribution”. Ada beberapa jenis distribusi Linux, antara lain:
Slackware
Redhat
Debian
Distribusi menentukan standar yang digunakan. Misalnya struktur direktori /etc dari distribusi Slackware berbeda dengan distribusi Redhat. Demikian pula cara administrasi dan program-program untuk administrasi sistem dari kedua sistem tersebut agak berbeda. Landasan (misalnya kernel) dari kedua sistem tersebut masih sama.

Sumber : Ensiklopedia Komputer dan Internet