Sun Rilis Kode Solaris

Sun Rilis Kode Solaris
Budi P

open source bukan berarti tidak ada pendapatan, melainkan berarti tak ada lagi hambatan untuk meningkatkan pendapatan.”
Sun Microsystems mengumumkan rencananya untuk membeberkan kode sumber (source code) sistem operasi Solaris dalam menghadapi rival utamanya, IBM dan HP.
Perusahaan ini akan menayangkan lebih dari lima juta baris kode sumber di situs web OpenSolaris, berisikan kernel dan kode jaringan.
Komunitas OpenSolaris termasuk kode-kode baru browser, build tools, dokumentasi, portal komunitas, mailing list, dan blog.
open source bukan berarti tidak ada pendapatan, melainkan berarti tak ada lagi hambatan untuk meningkatkan pendapatan,” ujar Jonathan Schwartz, COO Sun Microsystems.
Solaris adalah salah satu versi utama sistem operasi Unix yang digunakan di lingkungan komputasi besar, seperti layanan keuangan dan pengendalian lalu-lintas udara.
Sebelumnya, Sun mengumumkan bahwa sistem operasi Solaris 10 mendukung server-server berbasis prosesor dual-core AMD Opteron yang menjadi standar baru industri.
Bermodalkan lebih dari 20 tahun keahlian dalam Symmetric Multi-processing (SMP), Sun mampu meningkatkan kemampuan Solaris 10 OS dan mengoptimalkannya untuk platform AMD64 dalam hal skalabilitas.
“Solaris 10 merupakan sistem operasi yang memiliki kemampuan dan kapabilitas sistem berbasis prosesor Opteron dual-core terbaru dari AMD,” kata Tom Goguen, Vice President Product Marketing Sun.
Solaris 10 menawarkan berbagai fitur yang secara spesifik didesain dan didukung oleh kecanggihan dari sistem AMD64 multicore dan SPARC.

Sumber : Koran Tempo (16 Juni 2005)