Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN Negara-Bali

Perhatian Penting Untuk Pembaca Artike.abajadun.com
  1. Isi artikel, berita dan materi http://www.artikel.abajadun.com di ambil dan sadur dari berbagai sumber .
  2. Hak cipta dari isi , artikel , berita dan materi lainya adalah menjadi hak milik dari sumber bersangkutan .
  3. Admin abajadun sama sekali tidak berniat membajak dari sumber manapun, semua artikel,berita dan isi merupakan catatan yang pernah say abaca untuk kemudian saya documentasikan di artikel.abajadun.com supaya bisadi baca teman teman dan sebagai media silaturrahmi dan berbagi informasi.
  4. Jika ada yang keberatan dengan pemuatan isi , berita ,artikel, gambar foto,video yang ada di artikel.abajadun.com silahkan anda hubungi saya dan saya tidak akan keberatan menghapus isi materi tersebut .
  5. Bagi pembaca yang ingin menyebarkan /menggunakan materi di artikel.abajadun.com saya persilahkan saja dengan mencantumkan sumber asli artikel .
Terakhir jika ada kebaikan dan keberhasilan , saya ucapkan syukur alhamdilillah , semoga semuanya bias memberi manfaat kepada kita semua baik untuk diri sendiri agama,nusa dan bangsa , sebagai penutup saya sadar bahwa masih banyak kekurangan pada diri saya , untuk itu bila ada kekuarnganya saya mohon maaf dan atas perhatian anda saya ucpakan terimakasih. Akhir kata selamat membaca.


Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkat Efektifitas Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN Negara-Bali
Penulis : Lutpatul Ainiyah
Tahun : 2010
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Ilmu Pengetahuan Sosial
Pembimbing : 1) Zulfi Mubaraq, M.Ag.  
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Efektifitas Proses Belajar Mengajar
Untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan, diperlukan
peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan, yang berkaitan erat dengan
peningkatan kualitas proses belajar mengajar secara operasional yang berlangsung
di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan Pengelolaan kelas yang baik agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pengelolaan kelas merupakan suatu upaya
yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dengan memberdayakan seluruh potensi
kelas yang ada seoptimal mungkin untuk menciptakan suasana atau kondisi kelas
yang menunjang program pengajaran, agar siswa ikut terlibat dan berperan serta
dalam proses pendidikan di sekolah sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Di
samping itu, proses belajar mengajar dapat terwujud dengan baik apabila terdapat
interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, sesama siswa maupun
dengan sumber belajar lainnya. Dalam pengelolaan kelas, guru sebagai pemeran
utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar, harus
senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas.
Dengan adanya guru yang berkompeten dan berkualitas diharapkan guru mampu
dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien di dalam kelas,
khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Berpijak dari pemikiran di atas, maka
penulis tertarik untuk mengambil sebuah judul yaitu ”Pengelolaan kelas dalam
meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar mata pelajaran ekonomi kelas
XI di MAN Negara-Bali.”
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh
guru ekonomi dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar mata
pelajaran ekonomi kelas XI di MAN Negara-Bali, untuk mengetahui usaha-usaha
apa yang ditempuh oleh guru dalam pengelolaan kelas sehingga dapat
meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar mata pelajaran ekonomi kelas
XI di MAN Negara-Bali, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan
penghambat yang dihadapi oleh guru pada pengelolaan kelas dalam
meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar ekonomi kelas XI di MAN
Negara-Bali.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka dengan tujuan
menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan dan dipilih secara
sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna
atau dipahami oleh masyarakat umum. Adapun yang menjadi subyek penelitian
ini adalah waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, guru ekonomi dan
perwakilan dari siswa. Penelitian metode kualitatif ini menggunakan tiga teknik
pengumpulan data yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi.
xvii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan kelas yang
dilakukan oleh guru ekonomi dalam meningkatkan efektifitas proses belajar
mengajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN Negara meliputi: a)
perencanaan pembelajaran; b) pengarahan; c) mengatur ruang kelas; d)
komunikasi; dan e) kontrol. 2) Usaha-usaha yang ditempuh oleh guru dalam
pengelolaan kelas sehingga dapat meningkatkan efektifitas proses belajar
mengajar mata pelajaran ekonomi di kelas XI di MAN Negara-Bali antara lain: a)
mempersiapkan tugas administratif, b) penggunaan metode pembelajaran dan
media pembelajaran yang bervariasi; dan c) menggunakan pendekatan pluralistik.
3) Faktor-faktor penghambat yang dihadapi oleh guru pada pengelolaan kelas
dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar mata pelajaran ekonomi
di kelas XI di MAN Negara-Bali, yaitu: a) faktor-faktor pendukung yaitu;
melaksanakan kurikulum KTSP, bangunan dan sarana yang memadai,
keterampilan guru dalam melaksanakan pengelolaan kelas, dan siswa yang aktif
dalam pelaksanaan proses belajar mengajar; b) faktor-faktor penghambat yaitu;
kurang kesadaran siswa dalam melaksanakan efektifitas proses belajar mengajar,
kurangnya kedisiplinan guru, kurangnya perhatian orang tua terhadap
perkembangan anaknya, dan keterbatasan persediaan fasilitas yang tersedia di
sekolah.