Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMPN I Pangarengan Sampang Madura.

Perhatian Penting Untuk Pembaca Artike.abajadun.com
  1. Isi artikel, berita dan materi http://www.artikel.abajadun.com di ambil dan sadur dari berbagai sumber .
  2. Hak cipta dari isi , artikel , berita dan materi lainya adalah menjadi hak milik dari sumber bersangkutan .
  3. Admin abajadun sama sekali tidak berniat membajak dari sumber manapun, semua artikel,berita dan isi merupakan catatan yang pernah say abaca untuk kemudian saya documentasikan di artikel.abajadun.com supaya bisadi baca teman teman dan sebagai media silaturrahmi dan berbagi informasi.
  4. Jika ada yang keberatan dengan pemuatan isi , berita ,artikel, gambar foto,video yang ada di artikel.abajadun.com silahkan anda hubungi saya dan saya tidak akan keberatan menghapus isi materi tersebut .
  5. Bagi pembaca yang ingin menyebarkan /menggunakan materi di artikel.abajadun.com saya persilahkan saja dengan mencantumkan sumber asli artikel .
Terakhir jika ada kebaikan dan keberhasilan , saya ucapkan syukur alhamdilillah , semoga semuanya bias memberi manfaat kepada kita semua baik untuk diri sendiri agama,nusa dan bangsa , sebagai penutup saya sadar bahwa masih banyak kekurangan pada diri saya , untuk itu bila ada kekuarnganya saya mohon maaf dan atas perhatian anda saya ucpakan terimakasih. Akhir kata selamat membaca.
Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMPN I Pangarengan Sampang Madura.

Penulis     :     Aien Wardany
Tahun     :     2010
Fakultas     :     Tarbiyah
Jurusan     :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Pembimbing     :     1) Drs. Ec. Mohammad Mansur. M.Si.
Kata Kunci     :     Pengaruh Pendidikan Keluarga, Prestasi Belajar.

Proses pendidikan selalu bergerak secara dinamis dan berkembang dari masa
kemasa yang sesuai dengan perkembangan yang terjadi di lingkungan pada
umumnya, salah satu ciri perkembangan adalah dengan adanya perubahan dalam
berbagai komponen sistem pendidikan seperti kurikulum, strategi belajar
mengajar, alat bantu belajar, sumber bahan ajar dan sebagainya.
Pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan
pemerintah. Sekolah hanyalah pembantu kelanjutan pendidikan dalam keluarga,
sebab pendidikan yang pertama dan utama diperoleh anak adalah dalam keluarga.
Pendidikan keluarga merupakan bagian dari sistem pendidikan secara
keseluruhan.Keluarga memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap
perkembangan kepribadian anak, karena sebagian besar kehidupan anak berada di
tengah-tengah keluarganya. Untuk mengoptimalkan kemampuan dan kepribadian
anak, orang tua harus menumbuhkan suasana edukatif di lingkungan keluarganya
sedini mungkin. Suasana edukatif yang dimaksud adalah orang tua yang mampu
menciptakan pola hidup dan tata pergaulan dalam keluarga dengan baik sejak
anak dalam kandungan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh
Pendidikan Keluarga Dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran IPS Terpadu di SMPN I Pangarengan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan metode survei yaitu penelitian yang menganalisa data dengan
menggunakan angka-angka, rumus dan model matematis. Dalam penelitian ini
intrumen yang digunakan adalah angket untuk mengungkap lingkungan keluarga
dan sekolah yang dipersepsikan siswa.
Hasil penelitian didapat bahwa ada pengaruh variabel lingkungan keluarga
terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai t hitung= 21,511> t
tabel=1,67. Pengaruh variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar
ditunjukkan dengan nilai F hitung=462,762>F tabel=4,00
Kesimpulannya bahwa ada pengaruh positif yang signifikan tentang
pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS
Terpadu di SMPN I Pangarengan Sampang Madura.
sumber :  http://lib.uin-malang.ac.id/?mod=th_detail&id=05120033