Mata Pelajaran IPS(Ekonomi) di SMP Negeri 4 Blitar

Perhatian Penting Untuk Pembaca Artike.abajadun.com
  1. Isi artikel, berita dan materi http://www.artikel.abajadun.com di ambil dan sadur dari berbagai sumber .
  2. Hak cipta dari isi , artikel , berita dan materi lainya adalah menjadi hak milik dari sumber bersangkutan .
  3. Admin abajadun sama sekali tidak berniat membajak dari sumber manapun, semua artikel,berita dan isi merupakan catatan yang pernah say abaca untuk kemudian saya documentasikan di artikel.abajadun.com supaya bisadi baca teman teman dan sebagai media silaturrahmi dan berbagi informasi.
  4. Jika ada yang keberatan dengan pemuatan isi , berita ,artikel, gambar foto,video yang ada di artikel.abajadun.com silahkan anda hubungi saya dan saya tidak akan keberatan menghapus isi materi tersebut .
  5. Bagi pembaca yang ingin menyebarkan /menggunakan materi di artikel.abajadun.com saya persilahkan saja dengan mencantumkan sumber asli artikel .
Terakhir jika ada kebaikan dan keberhasilan , saya ucapkan syukur alhamdilillah , semoga semuanya bias memberi manfaat kepada kita semua baik untuk diri sendiri agama,nusa dan bangsa , sebagai penutup saya sadar bahwa masih banyak kekurangan pada diri saya , untuk itu bila ada kekuarnganya saya mohon maaf dan atas perhatian anda saya ucpakan terimakasih. Akhir kata selamat membaca.
Pelaksanaan Strategi Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS(Ekonomi) di SMP Negeri 4 Blitar

Penulis     :     Efa Dewi R
Tahun     :     2010
Fakultas     :     Tarbiyah
Jurusan     :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Pembimbing     :     1) Drs. H. M. Hadi Masruri, Lc, MA.. 
Kata Kunci     :     Strategi Pembelajaran, Mata Pelajaran IPS

Strategi pembelajaran adalah perencanaan yang tentang rangkaian
kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi
pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk
penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam
pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana
pelaksanaan strategi pembelajaran pada mata pelajaran IPS di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Negeri 4 Blitar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Penelitian kualitatif adalah tradisi-tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial
yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia dalam
kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam
bahasannya dan dalam peristilahannya. Jenis deskriptif yaitu mengumpulkan data
sebanyak-banyaknya mengenai faktor-faktor yang mendukung kemudian
menganalisis untuk dicari peranannya terhadap apa yang telah diteliti.
Hasil penelitian yang didapat yaitu pelaksanaan strategi pembelajaran
terbukti mampu membuat siswa benar-benar belajar secara nyata, mereka tidak
hanya dibekali materi saja, tetapi juga praktek dan keterampilan. Salah satu
strategi yang dilaksanakan yaitu strategi pembelajaran kontekstual, pembelajaran
kontekstual membuat anak tidak mudah bosan dan selalu mengingat materi
pelajaran yang diberikan, karena pembelajarannya tidak hanya membekali siswa
secara materi tetapi juga keterampilan karena melibatkan langsung siswa dalam
proses pembelajaran. Fasilitas yang digunakan sudah cukup mendukung,
walaupun masih belum mencukupi untuk seluruh kelas dan jumlah siswa, itu bisa
disiasati dengan pengaturan waktu supaya bisa bergantian penggunaan fasilitas
dengan kelas lain.
Sumber : http://lib.uin-malang.ac.id/?mod=th_detail&id=05130013