Metode Active Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Perhatian Penting Untuk Pembaca Artike.abajadun.com
  1. Isi artikel, berita dan materi http://www.artikel.abajadun.com di ambil dan sadur dari berbagai sumber .
  2. Hak cipta dari isi , artikel , berita dan materi lainya adalah menjadi hak milik dari sumber bersangkutan .
  3. Admin abajadun sama sekali tidak berniat membajak dari sumber manapun, semua artikel,berita dan isi merupakan catatan yang pernah say abaca untuk kemudian saya documentasikan di artikel.abajadun.com supaya bisadi baca teman teman dan sebagai media silaturrahmi dan berbagi informasi.
  4. Jika ada yang keberatan dengan pemuatan isi , berita ,artikel, gambar foto,video yang ada di artikel.abajadun.com silahkan anda hubungi saya dan saya tidak akan keberatan menghapus isi materi tersebut .
  5. Bagi pembaca yang ingin menyebarkan /menggunakan materi di artikel.abajadun.com saya persilahkan saja dengan mencantumkan sumber asli artikel .
Terakhir jika ada kebaikan dan keberhasilan , saya ucapkan syukur alhamdilillah , semoga semuanya bias memberi manfaat kepada kita semua baik untuk diri sendiri agama,nusa dan bangsa , sebagai penutup saya sadar bahwa masih banyak kekurangan pada diri saya , untuk itu bila ada kekuarnganya saya mohon maaf dan atas perhatian anda saya ucpakan terimakasih. Akhir kata selamat membaca.
Pengaruh Penerapan Metode Active Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI IPS Semester Ganjil MAN 3 Malang Tahun Pelajaran 2009/2010

Penulis     :     Atik Hidayatal Khoiriyah
Tahun     :     2010
Fakultas     :     Tarbiyah
Jurusan     :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Pembimbing     :     1) Dr. H. Nur Ali, M.Pd.
Kata Kunci     :     Penerapan Metode Active Learning, Motivasi Belajar

Sistem pembelajaran pendidikan pada umumnya sampai saat ini masih
didominasi oleh metode yang monoton seperti memberikan materi melalui
ceramah, pemberian tugas dan diskusi bebas. Sehingga guru tidak bisa
mengembangkan pembelajaran yang menarik. Jika hal ini saja yang diberikan
pada siswanya maka akan ada kecenderungan siswa merasa bosan dan jenuh pada
mata pelajaran yang diajarkan. Akibatnya ialah tidak ada minat dan motivasi
siswa untuk belajar. Oleh karena itu, untuk menghindari kecenderungan siswa
merasa bosan dan jenuh serta untuk memberi motivasi siswa untuk belajar
khususnya pada mata pelajaran Ekonomi, guru hendaknya lebih cermat dalam
memilih dan menggunakan metode mengajar terutama yang melibatkan siswa
secara aktif. Berpijak dari pemikiran di atas, maka penulis tertari untuk
mengambil sebuah judul yaitu ” Pengaruh Penerapan Metode Active Learning
Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI
IPS Semester Ganjil MAN 3 Malang Tahun Pelajaran 2009/2010”.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah:
bagaimana penerapan metode active learning yang diterapkan di kelas XI IPS
MAN 3 Malang, bagaimana motivasi belajar siswa dalam menggunakan
pembelajaran active learning di kelas XI IPS MAN 3 Malang, dan apakah ada
pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran active learning terhadap
motivasi belajar siswa.
Adapun tujuan yang ingin dicapai permasalahan tersebut diatas adalah
untuk mengetahui metode active learning yang diterapkan di kelas XI IPS MAN
3 Malang, mengukur seberapa besar motivasi siswa dalam menggunakan metode
active learning di kelas XI IPS MAN 3 Malang, dan untuk mengetahui pengaruh
antara metode active learning dengan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif
yang dilakukan di MAN 3 Malang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI IPS Man 3 Malang. Teknik pengumpulan data berupa
wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik regresi sederhana dengan reliabilitas, validitas dan untuk
menguji seberapa besar pengaruhnya digunakan uji t.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode active learning yang sering diterapkan di MAN 3 Malang adalah active
debate, team quiz, jigsaw, tanya jawab dengan perpaduan berbagai metode seperti
cooperatif dan konstektual. Hal tersebut terlihat pada daftar hasil angket siswa
diantaranya seperti siswa aktif bertanya tentang materi pelajaran yang belum
dimengerti, berpartisipasi dalam kelompok, mengemukakan pendapat, dan
menjelaskan materi kepada kelompok lain.
Adapun motivasi belajar siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang pada
masing-masing kelas ternyata berbeda-beda. Ini diakibatkan oleh karakteristik
siswa yang berbeda antara siswa yang satu dengan yang lainnya. Dan ini adalah
salah satu faktor bagi seorang guru agar lebih memotivasi siswanya untuk belajar,
khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Hasil jawaban dari sampel yang diambil
44 responden yang ada, 24 orang (54,54%) adalah mempunyai motivasi belajar
tinggi, dan 20 (45,46%) mempunyai motivasi belajar sedang, dan 0 orang
mempunyai motivasi rendah.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara variabel bebas yaitu penerapan metode active learning terhadap
variabel terikat yaitu motivasi belajar, hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung:
2,852 ≥ t tabel 2,021 dan nilai signifikannya 0.05, karena t hitung 2,852, dan t
tabel 2,021 maka, t hitung > t tabel , sehingga Ho ditolak dan Ha di terima. Pada
level signifikan 0,05 sehingga variabel penerapan metode active learning
memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar.
Dari hasil penelitian ini bahwa penerapan metode active learning
berpengaruh terhadap motivasi belajar. Karena dalam pembelajaran siswa dapat
terlibat secara langsung, bekerjasama dan saling berinteraksi dengan yang lainnya.
Jadi bukan hanya guru yang aktif akan tetapi siswa juga berperan aktif dalam
pembelajaran ekonomi. Metode active learning membuat skegiatan pembelajaran
terasa lebih menyenangkan yang menyebabkan siswa jadi termotivasi dalam
belajar.